Peringati Hari Sumpah Pemuda, SMAN 1 Srengat Terjunkan Paskibra dan 70 Penari Kuda Lumping

Blitar, Peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Blitar, Jawa Timur berlangsung meriah. Senin ( 28/10/2019). Sebanyak 2300 pelajar SMA dan SMK se-Blitar Raya mempersembahkan penampilan tari kolosal kuda lumping atau jaranan di Alun-alun Kanigoro Pemkab Blitar. Mereka berasal dari 95 sekolah , salah satunya SMA Negeri 1 Srengat yang berpartisipasi menerjunkan 70 penari.

Tidak hanya itu putra putri terbaik Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra) juga berasal SMA Negeri 1 Srengat juga mendapat kehormatan tampil dalam momentum upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke – 91 tersebut.

Menurut Bupati Blitar Drs. H.Rijanto,MM jaranan Trail tersebut bentuk partisipasi pelestarian budaya dari putra – putri pelajar Blitar Raya . Selain memberikan apresiasi orang nomor satu di jajaran pemkab Blitar juga ikut berbaur menari barongan bersama Forkopimda dan jajaran Pemkab lainnya.” Saya berharap setiap tahun akan ada semacam ini dan berharap semoga para penari kuda lumping ini nantinya menjadi orang hebat untuk melestarikan budaya.” Kata Bupati Blitar Drs. H Rijanto MM.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Srengat , Sumino,S.Pd.,M,Pd untuk tari kolosal kuda luping SMA negeri 1 Srengat mengikutkan sebanyak 70 penari. Pihaknya mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dan mendapat kepercayaan anak didiknya tampil di kegiatan peringatan Sumpah Pemuda ke – 91 dan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 tahun ini.

“Seni tari kolosal kuda luping ini sangat penting merupakan pengenalan kesenian tradisional kepada para pemuda pemudi sejak dini. Mereka memang harus ikut mencintai, merasa ikut memiliki dan ikut melestarikan budaya nenek moyangnya”. Tutur Sumino,S.Pd.,M,Pd kepada JTV mataraman.com

Sebelum adanya suguhan tarian jaranan , telag dilaksanakan upacara bendera yang dipimpin oleh Bupati Blitar Drs. H.Rijanto,MM dan diikuti ratusan pelajar , karyawan dan karyawati pemkab Blitar yang kesemuanya dengan kompak mengenakan pakaian tradisional. Dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 91 ini Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra) serta pembaca UUD’45 berasal dari pelajar SMA Negeri 1 Srengat.

Bupati Blitar Drs. H. Rijanto,MM menyampikan pemuda harus memiliki karakter, kapasitas , kemampuan inovasi, kreativitas tinggi, mandiri , inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. H. Rijanto mendorong para pemuda pemudi di Kabupaten Blitar untuk selalu memperkuat nilai karakter dan inovasi diri dalam membangun bangsa dan Negara.

Pada kesempatan tersebut Bupati Blitar juga memberikan penghargaan kepada para pemuda berprestasi tingkat propinsi dan nasional dari berbagai bidang termasuk olah raga , sdeni dan budaya serta duta pemuda delegasi Jambore Pemuda Propinsi Jawa Timur.

Seusai acara Bupati Blitar Drs. H. Rijanto.MM mengajak para pemuda pelajar , termasuk para penari ,Paskibra serta instruktur tari dan kepala SMA Negeri 1 Srengat foto bersama di halaman Pendopo Sasana Adi Praja Pemkab Blitar.(Asf)

Tinggalkan Balasan