Peringati Hari Ikan Nasional, Ratusan Peternak Gelar Parade Tumpeng Ikan

Kediri – Memperingati  Hari Ikan Nasional, ratusan peternak dan pembudidaya ikan di Kabupaten Kediri gelar parade tumpeng berbahan dasar ikan. Tumpeng ikan tersebut terdiri dari berbagai jenis ikan yang di budidaya oleh para peternak Kediri. Dalam acara itu mereka juga saling bertukar ide,  informasi dan pengalaman  untuk meningkatkan jumlah panen ikan. Terlebih  saat ini memasuki cuaca ekstrim yang dinilai cukup rawan untuk perkembangbiakan ikan.

Selain makan ikan tumpeng bersama  dalam acara yang dilaksanakan di Dinas Perikanan Kabupaten Kediri tersebut juga digelar bazar dengan aneka makanan olahan ikan seperti sate lele, nugget lele,  abon lele hingga gurame segar bakar. “Ikan merupakan komoditi yang murah tetapi  menyehatkan. Sehingga ada forum komunikasi yang untuk meningkatkan  gizi masyarakat melalui makan ikan. Ikan bisa diternak di rumah kelompok, dst.  “ tutur Masykuri Ikhsan Wakil Bupati Kediri.

Perlu diketahui, di Kabupaten Kediri sendiri terdapat 8700 peternak ikan  yang pertahunnya mampu menghasilkan 17 juta ton ikan. Dari jumlah tersebut  14 juta ton didominasi ikan lele  sedangkan sisanya gurame nila, tawes dan patin.  Jumlah tersebut selain mampu mencukup kebutuhan lokal dengan 20 kilogram perkapita tiap tahun  juga mampu menyuplai kebutuhan daerah lain, diantaranya Solo , Surabaya dan Jakarta. (Rofi)

Tinggalkan Balasan