Periksa Hewan Qurban, Petugas Gabungan Temukan Hewan Berpenyakit


Blitar – Untuk memastikan hewan qurban sehat dan layak untuk disembelih pada hari raya Idul Adha, selasa siang (14/07/2020) Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Blitar, Kementerian Agama dan Dinas Peternakan Dan Pertanian Kota Blitar, melakukan pemeriksaan hewan di pasar Dimoro Kota Blitar.

Satu persatu hewan kambing dan sapi yang berada di lapak pedagang dilakukan pemeriksaan mulai dari kondisi bulu, mulut dan gigi, kebersihan hewan serta kelamin hewan untuk memastikan kondisi hewan yang di jajakan oleh para pedagang semua sehat.

Dewi Masitoh Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota blitar mengatakan, dari pemeriksaan petugas menemukan hewan yang terjangkit penyakit myasis atau kelainan hewan pada kulit, petugas menemukan hewan yang terjangkit penyakit hipersalivasi.

“Dari yang kita pantau tadi ada beberapa sapi yang mana ada myasis, kemudian ada hipersalivasi” terangnya Dewi Masitoh ditengah pemeriksaan hewan.

Lanjut Dewi, hipersalivasi disebabkan oleh luka pada mulut hewan sehingga terus menerus mengeluarkan air liur pada mulut hewan.

Ketika itu hipersalivasiberarti tidak sehat, bererti kemungkinan ada inveksi di mulutnya atau di hidungnya,” imbuhnya.

Meskipun penyakit yang menjangkit hewan tidak berpengaruh signifikan pada hewan, petugas melakukan pengobatan dengan cara menyemprot kan cairan serta penyuntikan vitamin pada hewan.

“Kita memberikan obat dan fitamin ke hewan yang sakit,” tambahnya.

Kedepanya petugas akan gencar melakukan pemeriksaan, diharapkan hewan yang akan dijadikan qurban oleh masyarakat pada Idul Adhha semua masuk kriteria sehat dan layak untuk di sembelih. (Danu)

Tinggalkan Balasan