Penyebab Jalan Rusan Dan Jembatan, Belasan Truk Material Tambang Diamankan

Belasan truk bermuatan material tambang galian C diamankan dalam operasi gabungan yang dilkukan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri

Kediri – Operasi gabungan berlangsung di jalan raya Desa Banyakan, Kabupaten Kediri. Petugas menghentikan seluruh armada truk pengangkutan material tambang galian C berupa tanah dan batu untuk diperiksa dokumen kelengkapannya.

Dari hasil pemeriksaan ini diketahui, belasan sopir tak membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). Sopir hanya menunjukkam selembar surat keterangan dari cv multi tunas mandiri, jasa kontraktor asal Kabupaten Nganjuk.

“Selain kelengkapan dokumen berkendara di jalan, masih banyak sopir truk yang mengangkut material diatas batas jalan daerah atau kelas tiga yang hanya boleh dilalui kendaraan dengan dimensi 8 ton” jelas Suradi Kabid Pengendalian Dan Operasional Dishub Kabupaten Kediri.

Selain itu sopir beroperasi disaat jam sekolah antara pukul 6 sampai 7 pagi. “Perbuatan mereka melanggar Peraturan Bupati Kediri Nomor 78 Tahun 2016 tentang jam operasional” tambah Suradi.

Akibat dilalui kendaraan melebihan tonase, jalan raya Banyakan menuju ke lokasi tambang di Desa Tiron rusak parah. Bahkan ancaman kerusakan juga terjadi pada jembatan yang dilalui armada truk tambang. (Zainurofi)