Pemuda Asal Blitar, Sukses Kembangkan Hektaran Bibit Pohon Alpukat Red Vietnam Super dan Bokong ten

M. Afif Pembudidaya Hektaran Aneka Tanaman Buah Alpukat

Blitar, JTV Mataraman.com: Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Buah alpukat sangat baik untuk kesehatan kaya berbagai vitamain seperti vitamin A, K, C, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B5 dan B6.

Selain buah alpukat bisa dimanfaatkan untuk bahan baku produk kecantikan. Mengkonsumsi buah alpukat dalam sekali sajian telah mencukupi 40% kebutuhan nutrisi sehingga alpukat dapat membantu memenuhi asupan nutrisi tubuh dan mampu membantu mencegah nafsu makan yang berlebih.

Maka tak heran jika akan buah yang satu ini cukup tinggi di masyarakat dan hal inilah  juga yang turut mendorong berkembangnya usaha pembibitan tanaman alpukat di Kabupaten Blitar. Seperti halnya  Mohamad Afif Asy’ari (29 th) Pemuda asal Desa Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar  Jawa Timur  yang menggeluti usaha Budidaya berbagai tanaman horti termasuk bibit alpukat mampu menghasilkan jutaan rupiah per bulan.

Kini jenis tanaman yang menjadi unggulan  banyak di pesan pembeli tanaman alpukat Red Vietnam , selain jenis Aligator , Miki dan Bokongten.  Alpukat Red Vietnam masih langka dan banyak diburu oleh para pecinta tanaman buah.

Alpukat Red Vietnam tekstur Dagingnya Pulen Dan Biji Tidak Terlalu Besar

” Ya  alpukat Red vietnam banyak  yang mencari , alpukat  jenis ini mempunyai daging buah yang tebal berwarna kuning keemasan. Tekstur dagingnya pulen, tidak terlalu bnyak serat. Buah alpukat red vietnam juga mempunyai ukuran biji yang tidak terlalu besar bijinya tidak terlalu besar dan buah alpukat red vietnam mempunyai bentuk yang sama dengan alpukat mentega.” Kata Afif

Lanjut Afif , buah alpukat red vietnam ini mempunyai citarasa yang manis dan tidak terlalu banyak serat. Dengan segala keunggulanya tak heran jika alpukat red vietnam ini menjadi primadona baru di kalangan pecinta tanaman buah.

Pemuda yang biasa disapa Afif ini menngeluti usaha budidaya tanaman alpukat sudah belasan tahun bersama orang tuanya.Bibit pohon alpokat yang ia kembangkan memiliki kwalitas baik dan perlu menunggu terlalu lama 3-4 tahun ditanam sudah berbuah.

“ Alhamdulillah disini para pembeli bibit alpukat datang dari berbagai daerah, tidak hanya dari Kabupaten Blitar dan sekitarnya saja, melainkan datang dari berbagai kota di luar pulau jawa. Seperti Kalimantan , Sumatera ,Sulawesi bahkan pesanan setiap hari terus mengalir.” Tutur Afif.

Kini Untuk memenuhi permintaan  yang tidak  tanaman buah alpukat , Afif juga akan mengembangkan budidaya tanaman durian dan kakao serta berbagai komoditas tanaman lainnya.(As)  

Tinggalkan Balasan