Pemkab Blitar Bersama Kemenkominfo Launching Aplikasi Petani Go Online Bagi Penyuluh Dan Petani

Blitar – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar mendobrak inovasi baru Petani Go Online sebuah aplikasi berbasis pertanian yang bekerja sama dengan Kementrian Kominfo di Pendopo Sasana Adhi Praja Kanigoro Pemkab Blitar, selasa (4/11/2018).

Acara ini merupakan rangkaian acara dari Blitar Agro Festival yang di gelar mulai tanggal 3-5 desember 2018.
Acara Petani Go Online memiliki dua sesi yakni Workshop bagi penyuluh dan petani sekaligus launching Petani Go Online. Tampak di hadiri Bupati Blitar H. Rijanto, MM, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementrian Kominfo , Drs. Nizam Waham, MM, kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Ir. Wawan Widianto serta anggota Forkopimda kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar Ir. Wawan Widianto mengatakan hari ini untuk mengundang para penyuluh agar mengetahui apa saja yang ada di dalam Petani Go Online, hal ini untuk menginformasikan dan membawa pertanian di kabupaten Blitar lebih berkembang melalui petan-petani. Sehingga petani akan berubah pada pola pikirnya yang mulanya berfikiran tradisional dan saat ini memanfaatkan teknologi digital.

“Petani-petani bisa mengunjungi aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi pengembangan teknologi pertanian dan kami berharap akan mendapat wawasan dan kreatifitas untuk pengembangan pertanian yang ada di kabupaten Blitar.” Tuturnya
Masyarakat khususnya petani dapat mengakses aplikasi tersebut yang sudah di sediakan dari playstore dengan nama Agromap Petani. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi mengenai pertanian misalnya kondisi cuaca, kondisi kesuburan tanah dan beberapa kebutuhan pupuk, pengairan dan lain sebagainya.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementrian Kominfo Drs. Nizam Waham, MM menyampaikan dengan adanya pemanfaatan digital dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Tujuan lebih utama yakni memotong mata rantai antara petani dan konsumen, sehingga petani bisa langsung berkomunikasi dengan konsumen.

“Kita arahkan mereka produktif, karena di aplikasi ini tidak hanya informasi-informasi mengenai pertanian yang bisa di dapatkan oleh petani akan tetapi juga tentang pemasaran, permodalan dan penyuluhan.” Ungkapnya
Setelah workshop Petani Go Online yang di ikuti oleh Penyuluh. Launching Petani Go Online di buka oleh Bupati Blitar H. Rijanto, MM yang diikuti oleh beberapa petani yang ada di kabupaten Blitar. Pada sambutannya H. Rijanto menyampaikan kegembiraanya sekaligus bangga dengan adanya launchingnya aplikasi Petani Go Online.

“Dengan aplikasi ini di harapkan memutus mata rantai penjualan yang selama ini dinilai merugikan petani . sehingga melalui pemanfaatan teknologi pertanian ini dapat membuat kesejahteraan petani meningkat dan lebih produktif.” Kata orang nomor satu di Kabupaten Blitar H. Rijanto, MM. (Ervin)

Tinggalkan Balasan