Patau Hewan Kurban Berpenyakit di Pasar, Pemkot Blitar Siapkan Vaksin

Blitar – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar meningkatkan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban dari penyakit. Salah satunya hewan sapi untuk bebas dari penyakit antraks disiapkan vaksin. Pengawasan ini dilakukan Menjelang hari raya Idul Adha 2018,

“Meskipun belum ditemui kasus antraks, kami akan siapkan juga vaksin untuk mencegahnya agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” ungkap Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkot Blitar, Mochamad Chisni Purnama.

Lanjut Chisni , pengawasan hewan-hewan kurban itu akan dilakukan bersama antara pemkot Blitar, perwakilan rumah potong hewan (RPH) dan dokter hewan, untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban hingga dinyatakan siap di jual ke masyarakat.

“Untuk vaksinasi ini kita juga akan mengerahkan mantri-mantri hewan yang ada di Kota Blitar,” kata Chisni.

Langkah ini mendesak dilakukan, sambung Chisni, mengingat pasokan hewan kurban di Kota Blitar tidak hanya dari wilayah lokal melainkan juga didatangkan dari luar daerah demi mencukupi kebutuhan.

“Nanti akan kita periksa di lokasi. Semoga dalam beberapa hari lagi kami sudah siap untuk ke lapangan mengawasi hewan kurban,” pungkasnya. (Moch. Asrofi)

 

Tinggalkan Balasan