Panwaslu Masih Lakukan Pendalaman Terkait Dugaan Money Politik Oleh Paslon Bupati

Endro Sunarko Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung. Foto : Danu

 

Tulungagung – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tulungagung, masih lakukan pendalaman terkait kasus dugaan money politik, yang dilakukan oleh pasangan calon Bupati Dan Wakil Bupati Tulungagung,  Margiono Dan Eko Prisdianto.

Panitia Pengawas Pemilu Tulungagung sudah menggelar pertemuan dengan tim Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk membahas kasus tersebut.

Saat ini pihak Panwaslu masih mengumpulkan bukti untuk memperkuat dugaan kasus tersebut. Panwaslu juga masih menyelidiki penerima uang yang terekam dalam video. Proses penyelidikan ini diperkirakan akan memakan waktu hingga tujuh hari. Setelah itu Panwaslu akan menentukan sikap terkait kasus ini.

Endro Sunarko Ketua Panwaslu Kabupaten Tulungagung menjelaskan, sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum, dalam melakukan kampanye setiap pasangan calon tidak diperbolehkan untuk membagikan uang, dengan alasan apapun. “Paslon hanya diperbolehkan membagikan bahan kampanye, berupa stiker, kalender maupun kaos, dengan batasan nilai maksimal Rp. 20 ribu”,tegasnya.

Dugaan adanya money politik ini terjadi saat pasangan calon nomor urut satu, sedang melakukan kampanye di pasar grosir Ngemplak. dalam kampanye tersebut mereka membagikan uang senilai seratus ribu rupiah, terhadap sejumlah warga yang hadir. (Muhammad Imron Danu)

 

Tinggalkan Balasan