Panen Raya Cabai, Bupati Blitar Dorong Petani Cabai Dirikan Koperasi

Blitar – Bupati Blitar Drs. H. Rijanto,MM mendorong para Petani Cabai untuk membentuk Badan Usaha Koperasi. Hal ini diungkapkan saat menghadiri panen raya cabai di Dusun Kamokan Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi, Senin 23/12/2019).

Menurut Rijanto, hal ini perlu dilakukan sebagai langkah strategis untuk mewadahi petani cabai. “Petani harus mempuyai wadah berupa BUMDES atau Koperasi agar posisi petani cabai semakin kuat mempunyai nilai tawar tinggi tidak gampang dipermainkan tengkulak.” Ungkap Bupati Rijanto di hadapan para petani.

Rijanto menambahkan, potensi cabai di Kabupaten Blitar sangat bagus. Produksi cabai dari kabupaten Blitar mencapai 60 ton per hari dan dikirim ke sejumlah daerah di pulau jawa bahkan hingga sumatera. Penghasil cabai di wilayah kabupaten Blitar selain Kecamatan Wonodadi yakni kecamatan Binangun dan Wonotirto, wilayah Kabupaten Blitar Bagian selatan.

Lanjut Bupati Rijanto , Tidak hanya penghasil cabai. Kabupaten Blitar juga sudah kerjasama dengan DKI Jakarta di bidang telur ayam. Peternak telur di Kabupaten Blitar dalam setiap harinya bisa memproduksi 450 ton sedang DKI Jakarta setiap hari membutuhkan pasokan telur dari Blitar mencapai 250 ton.

“Kedepan Pemkab Blitar melalui Dinas Pertanian berupaya mendorong pengiriman cabai ke daerah-daerah lain. Termasuk ibukota Jakarta. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani cabai.Selain itu untuk memudahkan petani cabai Pemkab blitar juga akan membangun pasar sayur dan buah di tenga- tengah weilayah kabupaten Blitar , dengan harapan petani bisa langsung menjual secara langsung kepada konsumen.” Tutur Bupati Rijanto.

Sementara itu Kepala Desa Kolomayan Moh.Makrus mengatakan pemerintah desa bersama kelompok tani Loka Karya akan selalu berkonsultasi dengan penyuluh dinas pertanian dan Pangan agar setiap masalah yang dialami petani bisa disampaikan ke pemerintah daerah.

Kehadiran Bupati Rijanto di Panen raya cabai di Dusun Kamokan Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi tersebut Bupati Blitar didampingi oleh Kepala Dinas Pertaqnian dan Pangan Wawan Widianto, Kepala Dinas Kominfo Eko Susanto,Kabag Humas Abdul Cholik serta Muspika Kecamatan Wonodadi. Acara panen raya di akhiri dengan tasyakuran memotong tumpeng oleh Bupati Rijanto diserahkan kepada ketua Kelompok Tani Loka Karya Heru Purnomo.”(Ifa)

Tinggalkan Balasan