Palsukan BPKB Truk, Paijo Ditangkap Satreskrim Polres Tulungagung

Tulungagung –  Hengki Irawan alias Paijo (38) warga desa Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, ditangkap Satreskrim Polres Tulungagung di rumah temannya di Desa Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Wakapolres Tulungagung Kompol Andik Gunawan Mengatakan, Paijo ditangkap karena terlibat pemalsuan BPKP kendaraan truck yang akan digunakan untuk pendaftaran kredit pinjaman di salah satu koperasi swasta oleh Obaja Pratama (26) warga desa Ngrayung kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, pada Februari tahun 2018.

Sejak saat itu Obaja berhasil diamankan oleh polisi, namun tersangka paijo yang selalu menghindar dan hidup berpindah pindah tempat akhirnya baru bisa ditangkap oleh polisi.

“Selama dalam pelariannya tersangka selalu berpindah pindah dan menghilang dari rumahnya di wilayah Trenggalek,” tambahnya.

Dihadapan petugas, tersangka mengaku tidak membuat sendiri BPKB palsu tersebut namun dirinya memesan dari pihak lain dengan harga 3 juta rupiah kemudian dijual lagi seharga 6 juta rupiah.

Selama ini tersangka mengaku sudah 4 kali menjual BPKB palsu di wilayah Tulungagung dan trenggalek.

Akibat perbuatannya, tersangka diancam dengan pasal 263 ayat (1) dan atau Ayat (2) jo pasal 55 ayat (1) dan 1e KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. (Danu)