Operasi Patuh Semeru 2018, Polres Tulungagung Sasar Pengguna HP Saat Berkendara

Tulungagung – Operasi Patuh Semeru 2018 akan dilaksanakan mulai hari ini sampai 14 hari kedepan. Salah satu sasaran operasi adalah pengendara yang memainkan ponsel atau HP saat berkendara.

Selain itu, operasi patuh ini pun akan menindak pengendara yang melawan arus, pengendara sepeda motor bonceng tiga, tidak gunakan helm, pengendara mabuk, dan berboncengan lebih dari satu. Penindakan pun akan diberikan kepada anak dibawah umur yang kedapatan mengendarai motor.

“Ada delapan sasaran dalam operasi ini,” Kata wakapolres Tulungagung Kompol Andik Gunawan kepada wartawan di Mapolres Tulungagung Usai Gelar Pauskan.

Operasi Patuh berbeda dengan Operasi Simpatik. Hukuman kepada pelanggar dalam Operasi Simpatik lebih kepada teguran karena operasi ini bersifat preventif, sedangkan dalam Operasi Patuh polisi tak segan mengeluarkan surat tilang karena operasi ini bersifat penindakan.

“Dalam operasi Patuh Semeru 2018, kita mengedepankan tindakan tegas, penindakan hukum. Tapi tetap diimbangi dengan sosialisasi untuk tertib lalulintas,” tambahnya.

Operasi Patuh Semeru 2018 akan berlangsung selama 14 hari, mulai Kamis (26/4/2018) hingga Rabu (9/5/2018), secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi Patuh ini juga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. (Danu)

 

 

 

Tinggalkan Balasan