Musim CPNS Pemohon Dokumen Kependudukan Dispenduk Capil Blitar Membludak

Blitar – Berkenaan dengan pendaftaran CPNS 2018, jumlah pemohon dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Blitar membludak. Sebagaian besar pemohon meminta legalisir Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk ( KTP) dan Akta Kelahiran (AK).

Septi Purnama Sari (25) warga desa Bence, kecamatan Garum mengaku dirinya rela mengantri dari pukul 06.30 pagi hari untuk melakukan pengurusan legalisir KTP dan KK di Disdukcapil kabupaten Blitar agar dirinya bisa segera mengurus pedaftaran seleksi CPNS yang berakhir oktober ini. “Banyak sekali yang mengurus, sehingga saya harus antri dari jam setengah 7, alhamdulillah mendapatkan nomor antrian 19.” Ungkapnya.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Blitar, Anggo Takdir Hanudji, Kamis (11/10/2018) mengemukakan, pada hari-hari normal, pemohon legalisir rata-rata hanya 15 sampai 25 orang. Namun dalam 3 pekan terakhir, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 300 sampai 500 per hari.

“Peningkatan yang sangat besar itu adalah terjadi pada pelayanan legalisir Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), maupun Akta Kelahiran (AK) . Ini nampaknya terkait dengan pendaftaran CPNS 2018. Selain itu aktifasi KK untuk memasukkan NIK maupun KK tersebut kepada pendaftaran di SSCN.” Tutur Anggo.

Anggo Takdir Hanudji menjelaskan tidak hanya terkait dengan pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN), ini juga terkait dengan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terus menerus melakukan update maupun perbaikan data untuk pemilu, orang-orang rentan atau jompo yang tidak punya data serta dokumen perceraian maupun perkawinan.

“Jadi secara akumulatif rata-rata penduduk yang datang untuk mengurus berbagai macam dokumen kependudukan ini sampai ribuan. 800 sampai 1.200 setiap hari, baik yang mengajukan hari ini maupun yang mengambil dokumen kemarin-kemarin.” Tambahnya.

Anggo menghimbau kepada masyarakat untuk mengurus update transaksi kependudukan secara baik dan untuk bersabar menunggu atau antri. “Jelas yang datang kesini pasti kita selesaikan kita layani sampai habis, berapapun jumlahnya sudah kita tentukan yang sudah datang ke tempat kita akan kita layani hari ini selesai.” Kata Anggo Takdir Hanudji Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Blitar. (Ervin).

Tinggalkan Balasan