Meriahnya Parade Seni budaya Nusantara, Semarakkan Hut Ri Ke 74, RSUD Wlingi Tampilkan Candi Palah

Blitar– Ribuan warga turun ke jalan menyambut arak-arakan Parade Seni Budaya dalam rangka HUT RI Ke 74, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar, Kamis (29/8/2019) siang. Warga yang berasal dari berbagai penjuru Kabupaten Blitar ini sebelumnya sejak pagi telah berkerumun di tepi jalan raya yang menyaksikan pawai.

Berbagai macam kreasi ditampilkan oleh puluhan kontingen yang berasal dari lembaga pemerintah, swasta ,perbankan , lembaga pendidikan sejumlah organisasi dan paguyuban masyarakat dengan gembira mengikuti parade seni budaya nusantara untuk menguatkan semangat nasionalisme dalam rangka mewarnai perayaan HUT RI Ke -74 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Ratusan peserta parade yang di beri tema Parade Seni Budaya Nusantara “ SDM Unggul Indonesia Maju” ini menggunakan berbagai pakaian adat di Indonesia serta beragam baju yang di modifikasi karya putra putra pelajar yang di kenakan oleh peserta pawai.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo Wlingi salah satunya yang turut berpartisipasi dalam kegiatan parade Seni Budaya Nusantara ini dengan menampilkan candi palah atau candi penataran. Sedangkan tema yang diambil sesembahan dewa palah yang menggambarkan Dewi Roro Oyi yang merupakan seorang putri Demang Mangunjoyo , dengan mempersembahkan hal tersebut agar kondisi Blitar di jauhkan dari mara bencana.

Sedangkan yang tampil sebagai Dewi Oyi adalah para karyawan RSUD yakni seorang dokter sedangkan para dayang dan prajurit diperankan olehkaryawan – karyawati, perawat. Bidan dan apoteker.

Begitu juga dengan candi penataran atau candi palah, makna implementasi RSUD Ngudi Waluyo ingin memberikan persembahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sepenuh hati.

“Iya RSUD Ngudi Waluyo dalam event Parade Seni Budaya Nusantara kali ini menampilkan bentuk candi penataran dengan makna pelayanan kesehatan masyarakat harus meningkat dan ini sudah menjadi komitmen pegawai RSUD harus bekerja iklas dengan sepenuh hati dan penuh kasih saying dalam melayani”. Tutur Gondo Suparno ,Wadirkeu RSUD Ngudi Waluyo, Kamis (29/8/2019).

Parade Seni Budaya Nusantara ini di buka oleh Bupati Blitar H, Rijanto dan di hadiri Forkopimda, sejumlah OPD. Bupati berharap melalui event dengan menampilkan seluruh budaya adat istiadat nusantara ini kabupaten Blitar selalu menjaga toleransi dan kebhinekaan, agar kabupaten Blitar menjadi rukun damai , kondusif. Kegiatan ini mengambil start di RTH wklingi dan berakhir di RBC atau rumah bidaya Kreatif eks kawedanan Wlingi. (Asf).

Tinggalkan Balasan