Merahkan Hari Jadi Kota Blitra Ke – 112 , Ribuan Onthelis Ngontel Bareng Di Bumi Proklamator

Blitar – Tak kurang dari lima belas onthelis se-nusantara yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Sepeda Tua (Kosti) , turut ambil bagian memeriahkan Hari Jadi Kota Blitar Ke. – 112 , ngontel bareng keliling Bumi Bung Karno Blitar ,Minggu pagi ( 29/4/2018).

Kegiatan Ngontel Bareng yang dikemas sebagai ajang silaturahmi antar komunitas sepeda tua se-nusantara di Bumi Bung Karno tersebut berlangsung meriah.
Antusiasme peserta terlihat dari animo dan berbagai macam atribut yang dikenakan peserta ketika kegiatan berlangsung, seperti pakaian TNI, para medis, sekolah dan pakaian wayang orang serta pakaian tradisional. Tak ayal, kegiatan tahunan yang digelar oleh Pemkot bersama Kosti Blitar ini menyedot perhatian masyarakat.

Peserta ngonthel bareng ini diberangkatkan oleh Walikota Blitar , Moh. Muhamad Samanhudi Anwar, dengan rute dan jarak tempuh sekitar 10 kilometer menyusuri jalan yang melewati makam Bung Karno, Istana Gebang dan tempat-tempat wisata religius di Kota Blitar, dengan start rumah dinas Walikota Blitar dan finish komplek Taman Wisata Kebon Rojo.

Menurut Samanhudi Anwar, pawai onthelis ini, selain digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Blitar ke-112, Menurutnya, selain ajnag silaturahmi sesana onthelis ,kegiatan ini juga untuk melestarikan sejarah bahwa sepeda ontel pernah menjadi akat transportasi yang tidak bisa dilupakan di masa perjuangan tempoe doeloe. “Sepeda onthel menjadi alat transportasi andalan masyarakat Indonesia di era perjuangan, baik sebelum maupun sesudah kemerdekaan.” Katanya .
Sementara itu, Suwito , peserta asal Jember mengaku, senang bisa mengikuti kegiatan ngontel bareng di Blitar ini. Selain bisa bertemu dengan ontelis berbagai daerah, kegiatan ini gratis, hadiahnya besar dan tak kalah pentingnya ngonthel bareng juga menjadi salah satu cara kita nguri-uri budaya leluhur.

Warga berharap, kegiatan serupa tetap dipertahankan menjadi agenda rutin tahunan bagi Pemerintah Kota Blitar, karena selain menghibur adanya kegiatan ini memberikan berkah bagi masyarakat terutama para pedagang kecil atau kaki lima.( Moch.Asrofi)

Tinggalkan Balasan