Laboratorium Pakan Ternak Kabupaten Blitar Termasuk 5 Terakreditasi Nasional

Blitar – Pemerintah Indonesia dalam Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyatakan Laboratorium Pakan Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar masuk dalam 5 Laboratorium Pakan Ternak terakreditasi pada (7/9/2018) dalam jajaran nasional.

Laboratorium Pakan Ternak kabupaten Blitar memiliki peranan dalam 2 bentuk pelayanan, hal ini penting untuk peternak maupun masyarakat umum. Sebagai pelayanan teknis, laboratorium pakan ternak kabupaten Blitar berfungsi dalam pengawasan pakan ternak yang beredar di kabupaten Blitar. Sedangkan pelayanan dalam masyarakat memiliki peran menguji mutu pakan ternak dalam peternak atau pedagang maupun Badan Hukum.

Nuraini Nadzifah, S.Pt selaku kasi pakan ternak (penanggung jawab lab. pakan ternak) mengatakan masyarakat peternak dalam pemenuhan kebutuhan uji kualitas pakan atau melakukan sampel dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap fasilitas pelayanan pengujian pakan ternak kabupaten Blitar. Hal ini tidak lain fasilitas laboratorium yang dibutuhkan sangat lengkap. Seperti Oven Digital, Gas oksigen, Destilator, bahan kimia dan lain sebagainya.

“Sebagai Laboratorium penguji, daerah sampel pakan ternak kita selain dari wilayah kabupaten Blitar juga dari Kediri, Trenggalek, Tulungagung, Jombang dan masih banyak lainnya di daerah jawa timur. Disini tidak hanya menguji sampel pada peternak, akan tetapi juga pada kalangan praktisi, penjual dan peneliti.” Jelasnya, jum’at (2/11/2018).

Diketahui produksi maupun produktifitas ternak sangat di pengaruhi oleh pakan ternak. Sehingga hal ini masyarakat peternak harus cerdas dalam memilih bahan pakan, termasuk dalam memilih jenis, jumlah dan kualitas bahan pakan. Namun sebelum masyarakat peternak sebelum memberikan bahan pakan harus mengujinya terlebih dahulu dalam laboratorium pakan ternak, agar diketahui secara fisik, kimia maupun biologis bahan pakan ternak.

“Kami sudah memiliki sertifikat akreditasi persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Sehingga masyarakat peternak dapat melakukan sampel terhadap laboratorium kami. Ini tujuannya tidak lain untuk kualitas yang ingin di hasilkan. Ketentuan pengujian dapat ditanyakan secara langsung di laboratorium pakan ternak Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Kami siap melayani masyarakat peternak dari hati dan cinta.” Kata Ifa Nuraini Nadzifah. (Ervin)

Tinggalkan Balasan