Kreatifitas Warga Kota Kediri Bikin Masker Ramah Bagi Difabel


Kediri – Untuk mencegah penyebaran Virus Corona, warga Kota Kediri diimbau untuk pakai masker kain, bahkan di beberapa tempat sudah menjadi area wajib pakai masker. Yang unik adalah masker buatan Yuyun, ia membuat masker khusus untuk warga tunarungu dan tunawicara.

Masker kain yang menutup mulut menyulitkan warga yang komunikasinya tergantung dari gerak bibir seperti para tunarungu dan tunawicara. Maka, Yuyun berkreasi membuat masker transparan yang memungkinkan melihat gerak bibir.

“Kami kesulitan ketika pakai masker kain. Susah berkomunikasi,” kata Yuyun memakili kesulitan sesama difabel. Kemudian ia mencoba untuk medesain masker trasnparan untuk dirinya sendiri dan teman-teman.

Masker kain biasa kemudian bagian tengahnya dilubangi dan ditutup dengan mika transparan. Di bagian atas dan bawah juga dibuat sudut sehingga memudahkan untuk bernapas. Yuyun juga membuat beberapa desain yang memenuhi selera di dengan merek Abidah Collection.

“Ternyata responnya bagus. Bukan hanya teman-teman saja yang pesan, tapi dari luar kota,” tambah Yuyun. Sejauh ini, yang ia bikin sejumlah 1.700 lembar masker dan terjual habis. Kini pesanan sejumlah 2.400 lembar yang sedang dikerjakan. Untuk harganya, Rp 7.500,- sampai Rp 15.000,- tergantung desainnya. (ben)

Tinggalkan Balasan