KPU Kota Kediri Coret 38 Ribu Pemilih

Kediri – Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri melakukan pencoretan terhadap 38 ribu nama data awal Pemilih, pada pelaksaan Pilkada 2018. Pencoretan ini dilakukan setelah petugas pemuktahiran data pmeilih, hasil pencocokan dan penelitian atau coklit terhadap sejumlah nama tersebut. (7/3/18).

KOmisioner KPU Kota Kediri Anis Iva Permatasari mengatakan, ada 10 variabel atau kategori yang tidak memenuhi persyaratan dan harus didiskualifikasi. “Diantaranya ada yang meninggal, data ganda, dibawah umur, pindah domisili, termasuk anggota TNI – Polri serta mereka yang telah hilang ingatan” jelasnya.

Pelaksanaan coklit mulai dilakukan sejak 20 januari hingga 18 febuari. Hasil ini kemudian disusun kemudian direkap melalui rapat pleno terbuka, “dengan melibatkan tim kampanye Paslon dan Panwas ditingkat kelurahan” tambah anis.

Untuk mendongkrak jumlah partisipasi agar pemilih tidak malas datang ke TPS. KPU Kota Kediri juga telah melakukan upaya pemetaan agar lokasi tempat tinggal pemilh tidak jauh dari tempat pemungutan suara.

“Bentuk pemetaan ini dilakukan dengan cara memindah pemilih ke tps lain yang lokasinya berdekatan”, pungkasnya. (Beni)