KPU Blitar Lakukan Sortir dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019

Blitar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar mulai melakukan proses menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019, Senin (25/2/2019). Pernyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan di gudang logistik KPU, Jalan Raya Garum, Kabupaten Blitar dengan melibatkan 200 pekerja kebanyakan kalangan perempuan.

“Hari ini kami mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019, kali ini khusus surat suara DPR-RI sebanyak 1.926 dos dan masing – masing dos berisi 500 lembar surat suara. Proses penyortiran dan pelipatan ditargetkan selesai dalam waktu tiga hingga empat hari ke depan,” kata Imron Nafifah, Ketua KPU kabupaten Blitar, Senin (25/2/2019).
Menurut Imron Nafifah, nantinya sesuai kebutuhan ada lima jenis surat suara Pemilu 2019, yakni surat suara pemilihan presiden, pemilihan DPR RI, DPRD Propinsi Jawa Timur dan DPRD Kabupaten Blitar serta DPD. Tetapi KPU Kabupaten Blitar baru menerima surat suara DPR RI sedangkan yang lainnya menyusul.

“Penyortiran dan pelipatan ini dilakukan sambil menunggu kedatangan surat suara lainnya,” ujarnya.

Dikatakan Imron Nafifah, proses penyortitan dan pelipatan harus dilakukan oleh para pekerja secara teliti. Surat suara yang rusak sesuai ketentuan harus dipisahkan dan nantinya akan dikembalikan ke KPU pusat.

“Kami terus mengawasi bersama Bawaslu dalam proses penyortiran dan pelipatan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan penyortiran dan kalau ada kekurangan surat suara kami akan segera melapor ke KPU pusat,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa jumlah pemilih tetap (DPT) global di Kabupaten Blitar sebanyak 943.840 dengan jumlah TPS sebanyak 4.753 TPS yang tersebar di 22 Kecamatan, 260 desa dan kelurahan. (Moch. Asrofi)

Tinggalkan Balasan