Kondisi Jembatan Ngujang Memprihatinkan, Warga Minta Dibangun Jembatan Baru

Jembatan Ngujang yang melintas di atas sungai brantas dibangun jaman belanda. Foto : Danu

Tulungagung – Terkikis erosi sungai brantas, kondisi jembatan Ngujang Kabupaten Tulungagung sengat meprihatinkan. Kondisi dua dari empat struktur fondasi mengalami kerusakan berat, sehingga fondasi tampak menggantung di atas permukaan air sungai dan hanya ditopang beberapa tiang pancang. “Kondisi jembatan sudah tua, perlu diperbaiki atau dibuatkan jembatan lagi”, kata kunting warga sekitar jembatan.

Jembatan yang melintas di atas sungai brantas dibangun jaman belanda tersebut menghubungkan Kecamatan Kedungwaru dari arah selatan dan Kecamatan Ngantru dari arah utara menjadi penghubung utama di jalan nasional Tulungagung – Kediri – Blitar hingga menuju Surabaya.

Selain itu sempitnya jembatan sering mengakibatkan kemacetan, warga khawatir jembatan ini akan putus jika tidak segera diperbaiki, karena saat terjadi kemacetan sedang berada di atas jembatan pengendara merasakan jembatan bergoyang. “Ada kehawatiran kalou jembatan akan putus, karena saat berada diatas jembatan kita merasakan jembatan bergoyang”, tambah pria berkumis tebal tersebut.

Warga berharap jembatan milik wewenang pemerintah pusat ini segera di perbaiki, karena saat debit air sungai meningkat akibat luapan air dari wilayah hulu yang turun hujan kerusakan fondasi jembatan tertutup aliran sungai. Namun setiap kali debit air SURUT struktur fondasi jembatan terlihat sangat jelas. (Danu)

Tinggalkan Balasan