Kampung Tangguh, Contoh Desa Menghadapi Bencana Covid-19

Kediri – Polres Kediri mendirikan Kampung Tangguh Covid-19 sebagai salah satu upaya untuk menanggulangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kediri. Kampung Tangguh Covid-19 ini didirikan di tiga desa yakni Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih, Desa Tulungrejo Kecamatan Pare dan Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan ditunjuknya ketiga wilayah sebagai kampung tangguh hal ini berdasarkan pertimbangan karena jumlah orang terkonfirmasi positif covid 19 diwilayah tersebut tertinggi di wilayah Kabupaten Kediri.

“Hampir semua daerah mengalami bencana dan terkena dampaknya, maka asumsi dasarnya akan terjadi kelangkaan daya dukung dari luar sistem sehingga kelompok terkecil masyarakat harus mampu memiliki kemampuan adaptasi yang baik atau memiliki ketangguhan yang tinggi yang akan bertahan,” ucap Kapolres Kediri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diadakan pelatihan warga agar dapat mengevakuasi penderita covid 19, serta pemulasaraan Jenasah Covid 19. Warga dapat mengatur sirkulasi pangan kampung, serta diadakan Simulasi PSBB level kampung atau pembatasan orang maupun kendaraan keluar masuk kampung.

Dengan terbentuknya kampung tangguh ini diharapkan masyarakat setempat akan lebih siap sehingga segala permasalahan yg akan timbul dapat di minimalisir dan penyebaran virus Covid 19 dapat ditekan. Untuk saat ini 3 kampung tangguh tersebut yang akan menjadi role model/ percontohan.

Selanjutnya Kapolres Kediri memerintahkan Kapolsek yg ada di jajaran Polres Kediri untuk berkoordinasi dengan perangkat desa yg ada dan mempersiapkan kampung tangguh di seluruh kecamatan yg ada di wilayah hukum Polres Kediri. (rof)

Tinggalkan Balasan