Kades Selokajang , Optimis DD dan BKK Tumbuhkan Perekonomian Desa,Wisata Goa Tumpuk Jadi Icon Desa

Bangunan Saluran Irigasi dan Draenase dana BKK Desa Selokajang

Blitar JTV Mataraman : Kepala Desa Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar , Sarjuni terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan pembangunan di desanya agar setara dengan desa-desa lain yang ada di Kabupaten Blitar.

Kepala Desa Tiga Periode ,sejak dilantik langsung tancap gas all out bekerja keras dalam memajukan desa yang dipimpinnya. Memajukan desa , meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi tujuan utama. Tak hayal berbagai pembangunan insfrastruktur fisik dan sosial yang telah dilakukan banyak membawa perubahan terhadap perkembangan perekonomian masyarakat.

“Program pembangunan fisik tahun ke tahun kita tingkatkan , di tahun   2020 kemarin  fokus pada pemeliharaan jalan atau tambal sulam dengan dana desa (DD) dan membangun drainase 122 meter serta Saluran irigasi 74 meter yang bersumber dana bantuan Keuangan Khusus (BKK),” kata Sarjuni, Kamis (11/03/2021) ,saat ditemui JTV Mataraman.

Lanjut Sarjuni , pemeliharaan infrastruktur jalan  menjadi baik akan memberikan manfaat besar terhadap pertumbuhan ekonomi karena transportasi jalan menjadi lancar. Begitu juga pembangunan draenase serta saluran irigasi yang semuanya dikerjakan dengan melibatkan masyarakat padat karta tunai desa (PKTD).

“Saluran irigasasi penting bagi pertanian karena dengan irigasi yang baik hasil pertanian meningkat. Begitu juga  Draenase yang dibangun di kawasan pemukiman untuk melewatkan  air hujan yang turun yang bisa mengakibatkan kegenangan lingkungan sekitar.” tutur Sarjuni.

Sahri , Ketua kelompok tani (Poktan) desa Selokajang menyambut postif dengan dibangunnya saluran irigasi oleh pemerintah desa. “ Alhamdulillah pemerintah desa membangun saluran irigasi dan ini sangat bermanfa’at bagi pertanian karena melancarkan aliran air ke lahan sawah, mencukupi kebutuhan air pada lahan pertanian, mempermudah para petani untuk mengairi lahannya sehingga hasil panen bisa meningkat.” Kata Sahri.

Di tahun 2021 desa Selokajang terus berupaya memaksimalkan manfaat dana desa yang akan di fokuskan untuk mengembangkan wisata dikawasan bukit tumpuk oleh Kelompok sadar wisata ( Pokdarwis) yang nantinya wisata tersebut di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Selokajang. dengan harapan selain bisa mendatangkan pendapatan asli desa (PADes). “ Sangat jelas membangun wisata desa akan memperoleh pendapatan asli desa. Selain itu, berefek domino secara ekonomi kepada masyarakat. “Ada pendapatan desa, dan masyarakat bisa bekerja di kawasan wisata meski jumlahnya masih terbatas. Selain itu, warga bisa berjualan di sekitarnya. Inilah efek domino yang ditimbulkan,” ujarnya

Obyek Wisata Goa Bukit Tumpuk Sedang Di garap Pemdes Selokajang akan Menjadi Icon Baru Desa

Wisata Bukit Tumpuk memiliki Goa dengan pemandangan alam yang masih perawan, sejuknya udara di bukit tumpuk tersebut akan semakin banyak mendatangkan wisatawan yang berkunjung. “ Kami sudah memulai menggarap wisata bukit tumpuk dan kolam renang Ada tiga jenis peruntukkannya anak – anak , remaja dan dewasa.Insya Allah tahun depan wisata goa tumpuk sudah di buka bagi pengunjung dan akan menjadi Icon baru desa.” Pungkasnya.(As)

Tinggalkan Balasan