Jelang Pilkada ,Bupati Blitar Minta Satpol PP & Linmas Tingkatkan Siaga

Blitar – Bupati Blitar Rijanto, meminta Menjelang Pilkada serentak tahun ini, Pileg serta Pilpres tahun depan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk lebih meningkatkan kesiagaan.

“Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” kata Rijanto disela sela memimpin upacaa Hut Satpol PP dan Linmas di Halaman Pendopo Sasana Praja Kanigoro Kabupaten Blitar, Selasa ( 17/4/2018).

HUT Satpol PP ke-68 dan Sat Linmas ke-56 dengan tema ‘Satpol PP dan Sat Linmas harus meningkatkan kwalitas dan Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018’, yang diikuti jajaran dan anggota Satpol PP dan Sat Linmas se Kabupaten Blitar.

Hadir dalam kesempatan Upacara Hut tersebut Jajaran Forkopimda, Kasatpol PP Kabupaten Blitar dan seluruh kepala OPD kabupaten Blitar.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Blitar Rijanto , komandan upacara Camat Nglegok Agus Zaenal Arifin.

Sementara itu Kepala Satpol Linmas dan Damkar Kabupaten Blitar ,Suyanto mengatakan Satpol Pp dan Linmas banyak memiliki tugas , tugas pokok lainnya, ikut membantu dalam kontek tugas sosial. “Tentu, di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat.
Agar dari sekarang, Satpol PP dan Sat Linmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi”. Tutur Suyanto.

Lanjut Suyanto, untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Sat Linmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini. “Dalam menjalankan tugas menjaga dan melindungi masyarakat, Satpol PP dan Sat Linmas harus tetap berpedoman pada aturan yang ada, yakni Peraturan Mendagri No.54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP,”  Tambahnya.

Sementara bagi Sat Linmas, berpedoman pada Permendagri No.10 tahun 2009 tentang Penugasan Sat Linmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu. “Harus ada koordinasi dan komunikasi dan sinergi yang lebih intensif dengan instansi terkait seperti KPUD, Bawaslu, TNI, Polri dan Kesbangpol. Tentunya dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki,” Tandasnya. (Moch.Asrofi)