Jelang Coblosan Bawaslu Kab. Blitar Turunkan Seluruh APK

Blitar – Memasuki masa tenang Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blitar menurunkan ribuan alat peraga kampanye (APK).
Kegiatan ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak KPU kabupaten Blitar dan Pemkab Blitar.

Penertiban APK ini melibatkan unsur Bawaslu, panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan, polisi, satuan polisi pamong praja, dan peserta Pemilu 2019.
Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, Patroli Pengawasan Masa Tenang dilakukan mulai Minggu, 14 April 2019 pukul 00.00. Pihaknya sudah bersurat kepada partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 sebelum masa tenang, untuk menurunkan APK mulai Minggu, 14 April 2019.

“Memasuki masa tenang penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan Pemkab harus berkoordinasi untuk penurunan APK,” ujar Hakam ditemui di ruangannya di Kantor Bawaslu Kabupaten Blitar, Jalan Ahmad Yani No. 42, Kota Blitar.

Hakam menandaskan, para peserta pemilu harus pro aktif turut membantu Bawaslu dalam menurunkan dan membersihkan APK di semua tempat. Hakam menargetkan APK tersebar di 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar bersih sebelum pencoblosan berlangsung pada Rabu 17 April 2019.

“Maka dari itu, mulai Minggu (14/4) dini hari kami sudah patrol bersama unsur terkait. Dan dilanjutkan oleh Panwaslu Kecamatan. Jadi, selama masa tenang kami maksimalkan pembersihan APK dan pengawasan politik uang,” lanjut Hakam.

Diketahui Pemilu 2019 tinggal tiga hari lagi dan masyarakat akan memilih calon presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.(Asf)

Tinggalkan Balasan