Jalani Rapid Tes, 14 orang Karyawan Pabrik Rokok Di Tulungagung Reaktif Positif

Tulungagung – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung, sabtu (02/05/2020) melakukan pemeriksaan terhadap ratusan karyawan pabrik rokok Simustika, di Desa Gesikan, Kecamatan Pakel.

Ketua Bidang Pencegahan Gtpp Covid-19 Tulungagung Ana Sapti Saripah mengatakan, pemeriksaan dan rapid tes dilakukan, setelah pihaknya menemukan salah satu karyawan pabrik berinisial H, mengalami sakit dengan gejala menyerupai gejala covid-19, flu, batuk dan pilek.

“Yang bersangkutan dinyatakan sebagai pasien dalam pengawasan, pada Jumat (1/4) dimana hasil rapid tes pasien tersebut juga reaktif. Saat ini yang bersangkutan tengah menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung,” jelas Ana Sapti Saripah.

Pada pemeriksaan tahap pertama ini tim menargetkan, 250 karyawan yang berada satu ruangan kerja dengan pasien tersebut menjalani rapid tes. Saat pemeriksaan berlangsung hingga sabtu siang, banyak diantara karyawan yang tidak masuk kerja.

“Sehingga baru 140 karyawan yang menjalani rapid tes, dan hasilnya 14 orang diantaranya reaktif positif. Pemeriksaan kemudian diperluas, dilakukan terhadap karyawan yang berada satu blok, dan juga karyawan lain blok yang pernah kontak erat dengan pasien,” jelas Ana Sapti Saripah.

Dalam pemeriksaan tahap pertama yang berlangsung selama lebih dari 3 jam tersebut, lebih dari 200 karyawan telah mengikuti rapid tes. Pada Sabtu sore sebanyak 17 karyawan reaktif positif rapid tes.

Dari 17 orang tersebut, 7 orang merupakan warga Tulungagung, sedangkan 10 lainnya berasal dari Kabupaten Kediri. Rencananya, tim tracing akan kembali melanjutkan pemeriksaan, terhadap ratusan karyawan lain yang belum mengikuti rapid tes. (Danu)

Tinggalkan Balasan