Istana Gebang Menjadi Favorit Tujuan Wisatawan Berbagai Daerah

Blitar – Liburan tahun baru 2019 di sejumlah wisata di Blitar padat pengunjung termasuk Istana Gebang atau Rumah kedua keluarga Presiden Ir. Soekarno di Blitar. Lokasinya terletak di jalan Sultan Agung nomor 57, 59 dan 61 Kampung Gebang, kelurahan Sananwetan, kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Menurut sejarah Istana Gebang mulai ditempati oleh keluarga Bung Karno dari tahun 1917 dibeli dari CH. Portier seorang Belanda pegawai kereta api di Blitar. Dengan luas sekitar 15.000 m2 terdapat berbagai bangunan termasuk 10 bangunan rumah induk, bangunan belakang, 2 rumah keluarga, 1 pavilium, balai kesenian, dapur belakang, rumah pembantu, bekas kandang dan lumbung.

Ribuan pengunjung dari berbagai kalangan termasuk pelajar, anak-anak dan orang tua serta dari berbagai daerah lain memanfaatkan libur tahun baru untuk mengenal sejarah dari barang-barang peninggalan Bung Karno. Apalagi ini kesempatan yang sangat bagus untuk anak-anak agar mengenal lebih baik sosok Bung Karno dan keluarga.

“2 minggu sebelumnya sudah ramai pengunjung, bahkan dari berbagai daerah dan beberapa dari luar negeri. sebelum mereka datang ke makam Bung Karno mereka datang kemari untuk melihat rumah kedua keluarga Bung Karno.” Kata Ridda Aprila Pemandu Istana Gebang, selasa (1/1/2019)

Pengunjung tidak hanya belajar tentang sejarah, namun di depan rumah Bung Karno ada beberapa penjual yang menjual berbagai oleh-oleh mulai dari manik-manik hingga batik khas Blitar.

Setiap tanggal lahirnya Pancasila 1 juni, tanggal lahirnya Bung Karno 6 juni serta wafatnya 22 juni akan ada agenda rutin tahunan yang biasa di sebut bulan Bung Karno dengan menampilkan wayang kulit semalam suntuk, pengajian akbar dan do’a lintas agama.

“Harapan untuk Istana Gebang lebih maju lagi, pengunjung lebih mengenal apa itu Istana Gebang rumah Orang tua Bung Karno serta dapat terus melestarikan barang-barang sejarah yang ada disini. Semboyan yang terkenal dalam pidato Ir Soekarno yakni Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah ‘Jasmerah’.” Tutur Ridda saat di wawancarai di ruang keluarga Bung Karno. (Ervin)

Tinggalkan Balasan