Inspiratif, Nenek TarijahPenjual Nasi Aking Di Nganjuk, Naik Haji

Nganjuk – Berkat ketekunan menabung uang, dengan cara di simpan di bawah kasur, seorang nenek penjual nasi aking dan botol bekas di kabupaten Nganjuk, akhirnya berhasil menunaikan ibadah haji di tahun 2018 ini.

Untuk bisa menabung, sang nenek hanya mengandalkan dari jerih payahnya hasil berjualan nasi aking, botol bekas, buku bekas, dan rempah-rempah di pasar.

Kesehariannya yang sederhana, bahkan untuk memasak hanya menggunakan kayu bakar, namun  nenek Tarijah (78 tahun), warga kelurahan Bogo, kecamatan/ kabupaten Nganjuk, akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah Haji, nenek Tarijah setelah suaminya, meninggal dunia 15 tahun lalu, mulai menabung untuk biaya haji.

Tabungannya, didapat nenek tarijah dari hasil berjualan nasi aking, botol bekas, buku bekas, koran bekas, dan rempah-rempah di pasar wage, kecamatan/ kabupaten Nganjuk.

Keuntungan dari jualan, ia sisihkan dan di tabung di atas kasur tempat tidurnya, dalam sehari ia terkadang hanya bisa menabung sekitar 15 ribu hingga 50 ribu rupiah, dari hasil kerjanya di pasar tradisioanal Nganjuk.

Setiap hari ia berjalan kaki menuju sekitar 2 kilometer dari rumahnya menuju pasar. tempatnya berjualan, meski usianya sudah tidak muda lagi, namun sang nenek ini tetap kuat menjalaninya setiap hari.

Hasil penjualannya setiap hari memang tidak terlalu banyak, terkadang nenek Tarijah hanya bisa bawa pulang uang 50 ribu rupiah dari pasar, bahkan pengalamannya tidak membawa pulang uang juga sudah pernah dialaminya.

Kegigihannya menabung selama 15 tahun, akhirnya bisa mengantarkannya ke tanah suci. Uniknya, nenek Tarijah menabung di bawah kasur tempatnya tidur, bukan di bank seperti kebanyakan orang.

Nenek Tarijah mendaftar untuk naik haji pada tahun 2010 lalu, setelah delapan tahun, akhirnya nenek Tarijah berhasil melunasi seluruh biaya haji.  “  Iya, saya bisa melunasi biaya haji, selama 8 tahun “ ungkap Tarijah.

Nenek Tarijah tergabung di kloter 59, yang akan berangkat dari nganjuk pada tanggal 05 agustus bersama calon jamaah haji lainnya.  ( Syarwani )

 

Tinggalkan Balasan