Hujan Tiga Jam, Rumah Warga Duwuhan Trenggalek Tertimbun Longsor

Trenggalek – Rumah milik Sucipto (45) warga Desa Dawuhan, Kecamatan Bendungan kabupaten Trenggalek, terkena dampak longsor akibat hujan yang mengguyur sekitar sekitar wilayah Kecamatan Bendungan dan sekitarnya, sabtu malam (7/4/2018). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri dalam peristiwa tersebut.

Saat ini warga sekitar dibantu petugas TNI, Kepolisian serta perangkat desa setempat tengah melakukan pembersihan material tanah yang menutupi sebagian bangunan rumahnya.

Sejumlah warga menuturkan, beberapa saat sebelum peristiwa tanah longsor tersebut wilayah Desa Dawuhan yang berlokasi langsung berbatadan dengan Kecamatan Bendungan diguyur hujan cukup deras lebih dari dua jam lamanya. Tak berapa lama, tiba-tiba terdengar suara gemuruh disamping rumah korban yang lokasinya berbatsan dengan tebing setinggi lebih dari lima  meter.

“Hujanya deras. Setelah itu saya sempat dengar suara gemuruh”, kata Sukir warga setempat.

Tak lama kemudian terdengar suara orang minta pertolongan yang ternyata Sucipto, warga yang rumahnya tertimpa longsoran. Saat itu korban berlari menyelamatkan diri bersama keluarganya.

“Ada suara minta tolong. Warga sini langsung keluar rumah”, kata Sukir.

Saat ini Sucipto bersama seluruh keluarganya terpaksa tinggal dirumah familinya terdekat. Hal tersebut terpaksa dilakukan sambil menunggu keputusan dari pihak terkait apakah kondisi tanah disekitar rumah korban masih layak untuk ditempati ataukan tidak.”Katanya nunggu petunjuk dari pemerintah. Tidak tahu seperti apa”, pungkas Sukir. Karyanto/heru