Hasil Salak Melimpah, Ibu-ibu di Jombang Olah Salak Menjadi Minuman

Jombang – Sebagai salah satu daerah penghasil buah salak, warga dituntut untuk kreatif memanfaatkanya. Seperti yang dilakukan ibu ibu di Jombang, yang mengolah buah salak menjadi minuman sari salak.

Minuman olahan dari salak murni ini, kini menjadi idola minuman warga. Tidak hanya warga Jombang, sejumlah warga di luar jawa juga sudah merasakan minuman sari salak khas.

Sejumlah ibu-ibu di Desa Jatirejo Kecamatan Diwek Jombang ini langsung memanen buah salak, yang sudah matang di kebun belakang rumahnya. Buah yang tidak bisa dijual buah langsung disortir untuk dijadikan minuman sari salak.

Salak yang sudah tersortir dikupas dan dicuci hingga bersih, setelah itu direbus hingga mendidih sebelum dimasukan gula dan sejumlah bumbu penyedap rasa minuman.

Minuman sari salak ini harus disaring hingga jernih untuk menghasilkan minuman yang bersih. Minuman hasil saringan ini langsung dikemas dalam botol dan cup gelas, sesuai ukuran dan permintaan pasar.

Lutfiyah Widyastuti, salah satu pengelola minuman sari salak ini mengatakan, ide memproduksi minuman sari salak ini muncul saat panen raya buah salak banyak yang membusuk dan tidak termakan.

“Kondisi ini langsung disikapi kelompok ibu-ibu, dengan membuat aneka olahan salak termasuk sari buah salak,” ujar Lutfiyah Widyastuti.

Saat ini produksi minuman sari buah salak sudah beredar di Kabupaten Jombang dan sejumlah daerah di jawa dan luar jawa.

Minuman ini dijual dengan harga Rp 1000 untuk cup kecil dan Rp 6 ribu untuk botol tanggung. Sayangnya,seiringnya banyaknya pesanan kelompok ibu kreatif ini, mengaku kesulitan permodalan. (Saiful)

 

Tinggalkan Balasan