Hari Pertama Masuk Kerja, Plt Sekretariat Daerah Trenggalek lakukan Sidak ke Instansi Layanan Publik

Trenggalek – Kusprigianto, Plt Sekda didampingi Kepala Inspektorat Kabupaten Trenggalek inspeksi mendadak (sidak) di dua instansti layanan publik strategis dibawah otoritas mereka. Sidak yang dilakukan pada Kamis, 21 Juni 2018 tersebut menyasar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Menurut Plt Sekda Kabupaten Trenggalek, sidak dilakukan guna mengantisipasi adanya kemungkinan terganggunya layanan masyarakat dihari pertama efektif kerja setelah libur bersama Hariraya Idul Fitri 1439 H yang tahun ini. “Kita lakukan sidak demi pemaksimalan layanan publik diwilayah kerja, jangan sampai karena alasan masih lebaran sehingga masyarakat tidak dilayani secara profesional,” jelasnya.

Jadwal pertama sidak, di Dinas DPMPTSP sesuai daftar hadir pegawai semua masuk kerja tidak ada yang ijin ataupun membolos. “Disidak pertama, yaitu Dinas Penanaman Modal (DPMPTSP_red) tidak kita temukan pelanggaran, semua pegawai masuk kerja 100%,” kata Kusprigianto.

Setelah beberapa saat melakukan pengecekan disemua bagian layanan, rombongan melanjutkan sidak ke Dispendukcapil, alhasil layanan di Dispendukcapil pun secara menyeluruh sudah berjalan normal, walaupun tingkat antusiasme pemohon kepengurusan sedikit dibawah hari-hari biasanya.

Kepala Dispendukcapil Ekanto Malipurbo mengatakan layanan dihari pertama masuk kerja sudah normal. “Hari ini semua pegawai sudah masuk 100% layanan juga sudah normal namun dari pantauan saya, jumlah pemohon sedikit dibawah hari-hari biasa,” jelasnya.

Dispenduk Capil Kabupaten Trenggalek telah sediakan material E-KTP sebanyak 200 unit namun sampai siang ini belum terserap semuanya. Ada penurunan sekitar 25% dari data layanan hari-hari biasa. “Biasanya tiap hari itu bisa terserap 200 unit, tapi hari ini masih 150 unit yang tercetak jadi menurut estimasi petugas kami khusus hari pertama kerja ini ada penurunan 25%”,pungkas Kepala Dinas yang akan segera memasuki masa pensiun ini. (Karyanto/Heru)