Gurihnya ikan asap lokal dari pantai Tambakrejo

Blitar – Berlibur ke pantai Tambakrejo kabupaten Blitar tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner ikan asap. Ikan lokal yang rasanya menggoda lidah para penikmat kuliner. Penikmat kuliner akan dimanjakan dengan banyaknya penjual ikan asap yang berada di pinggiran pantai Tambakrejo, salah satunya Puji Astutik yang sudah lama berjualan ikan asap sejak tahun 2008 yang lalu.

Tidak usah khawatir, ikan asap yang di jual disini relatif murah yakni 5 ribu sampai 30 ribu, tergantung besar kecilnya ikan. Tidak hanya harganya yang murah, pengunjung juga bisa memilih sendiri jenis ikan yang akan dibeli. Seperti ikan salem, banyar, tuna, sakalang, dan tongkol. Jika ingin membeli untuk oleh-oleh, pengunjung bisa langsung membeli ikan asap yang sudah disediakan berjejer-jejer oleh penjualnya. Pengunjung juga bisa memesan ikan asap sambil menikmati pantai Tambakrejo yang ada di depan mata . Bumbunya yang khas, ditambah nasi dan sambal kecapnya yang pedas namun menggoyang lidah para penikmat kuliner.

Puji Astutik menyampaikan jika sehari bisa menghabiskan ikan segar 30 kg, jika hari sabtu dan minggu bisa 50 sampai 70 kg. Ikan tersebut juga hasil tangkapan nelayan warga Tambakrejo loh, tetapi jika stok habis biasanya penjual ikan asap seperti Puji Astutik ini membelinya sampai ke Tulungagung dan Bandung.

“Pulang sampai pengunjung sepi , biasanya jam 5 sudah pulang. Harapannya rejeki tetap lancar seperti sekrang ini. Ya mudah-mudahan wisata Tambakrejo lebih di majukan lagi, kalau disini kan terkadang semakin lama semakin sepi karena banyak wisata lain , kalau tempat-tempatnya seperti pantainya sebenarnya sudah bagus disini, tapi dirasa pengunjungnya agak berkurang.” Kata Puji Astutik kepada wartawan JTVmataraman.com, Selasa (25/9/2018). (ervin)

Tinggalkan Balasan