Gempa Guncang Tulungagung, Warga Berhamburan Keluar Ruangan

Tulungagung – Gempa bumi tektonik melanda Kabupaten Malang dan dirasakan hingga di Tulungagung. Hal ini karena gempa berkekuatan 5,2 skala richter sempat membuat panik masyarakat Tulungagung.

Namun, gempa tektonik tersebut bukanlah rangkaian atau dampak dari gempa bumi yang terjadi di Lombok. Meskipun demikian banyak warga Tulungagung yang berhamburan meninggal ruangan

Kepala stasiun BMKG Karangkates, Muspiran, menjelaskan, titik gempa tektonik, berada di 68 barat daya Kabupaten Malang, dengan lokasi gempa 8.80 lintang selatan dan 112.46 lintang timur dengan kedalaman 13 kilometer di samudera hindia.

“Pertemuan lempeng didasar laut yang membuat terjadinya gempa tektonik tersebut, untuk gempa berkekuatan 5,2 skala richter tidaklah berpotensi terjadinya tsunami, seperti yang digembar gemborkan dimedsos facebook yang akan terjadi pada setengah 3 sore,” jelas Muspiran.

Selang satu jam usai kejadian gempa pada pukul 13:00, gempa susulan juga sudah terjadi. Namun dengan kekuatan yang kecil atau 3 skala richter saja dan petugas BMKG Karangkates juga terus stand by guna memberitahukan berita terupdate kepada masyarakat.

“Gempa lombok berasal dari patahan atau cesar flores dan diselatan Malang, karena adanya pertemuan lempeng asia dan australia yang tidak berpotensi tsunami,” ujar Muspiran.

Hingga pasca terjadinya gempa di, belum ada berita kerusakan yang ditimbulkan dari gempa di wilayah Tulungagung dan berharap tidak menimbulkan kerusakan berarti akibat gempa bumi tektonik tersebut.

Tinggalkan Balasan