Gasak Motor Teman, Pengangguran Panggul Dicokok Polisi

Trenggalek – Lantaran kepepet butuh uang, Bonari (20) warga Dusun Ngajaran Desa Ngrambingan Kecamatan Panggul, tega mencuri motor temannya sendiri, Jemangin, 39, warga Desa Petung Kecamatan Dongko. Satu unit motor Honda Scoppy nopol AG 5558 YAG diamankan sebagai barang bukti. Sementara itu, tersangka saat ini diamankan di Mapolres Trenggalek untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibisono melalui Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki membenarkan hal tersebut. Tersangka ditangkap anggota Unit Reskrim Polsek Dongko ditempat persembunyiannya di salah satu rumah di Desa Patung Kecamatan Dongko, tanpa perlawanan. Sementara itu, barang bukti motor diamankan polisi dari seorang penadah berinisial H yang berdomisili di wilayah perbatasan Panggul-Pacitan yang sebelumnya dijual dengan harga 5,5 jta rupiah.
Sementara itu, berdasar kronoligi kejadian peristiwa pencurian motor bermula ketika sehari sebelum kejadian pelaku datang kerumah korban lantaran sudah saling kenal. Perkenalan tersebut tampaknya dimanfaatkan pelaku dengan memiliki rencana mencuri motor korban yang sebelumnya juga sempat digunakan pelaku bersama anak korban.”Antara korban dan pelaku sudah saling kenal. Tapi tidak ada hubungan keluarga,” kata AKP Tri Basuki.

Keesokan harinya, sekitar pukul 07.00 ketika korban dan keluarganya bekerja dan kondisi rumah dalam keadaan sepi, pelaku melancarkan aksinya. Pelaku masuk kedalam rumah korban dan langsung mengambil kunci motor yang disimpan di ruang keluarga. Bergegas, korban membawa kabur dan langsung menjualnya kepada seorang penadah dengan harga 5,5 juta.

”Tersangka dikasih uang muka sempat setengah juta, jaket sama kaos,” papar Tri Basuki.
Peristiwa tersebut baru diketahui anak korban sekitar pukul 08.30 sesaat setelah tersangka melancarkan aksinya.

Peristiwa itupun kemudian dilaporkan ke Mapolsek Dongko. Polisi langsung melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka beserta menyita barang bukti. Akibat perbuatanya tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana penjara diatas lima tahun. (Karyanto/Heru)

Tinggalkan Balasan