Disnaker Kabupaten Blitar Bekali 80 TKI Purna Siap Mandiri

Blitar – Dinas tenaga kerja Kabupaten Blitar mengadakan pembinaan dan Pelatihan ketrampilan pembuatan aneka kue dan potong rambut untuk TKI purna yang diselenggarakan di gedung lab LEC (Local Education center) Pojok Garum, yang berlangsung selama 10 hari dimulai 30 juli sampai 3 agustus 2018 kemarin.

Peserta berasal dari 22 kecamatan di kabupaten Blitar, sebelumnya peserta terlebih dulu diseleksi oleh pihak desa yang kemudian data peserta diserahkan ke disnaker melalui kepala desa, sebanyak 40 peserta diundang untuk mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan ini dibagi menjadi dua angkatan yakni angkatan pertama pada tanggal 30 juli sampai 10 agustus dan angkatan kedua pada 6 agustus sampai 10 agustus kemarin.

Dalam setiap angkatan memiliki masing-masing bagian lagi yakni 20 peserta mengikuti pelatihan aneka kue dan 20 peserta lainnya mengikuti pelatihan potong rambut. Kepala Dinas tenaga kerja kabupaten blitar Haris Susanto, S.H., M.Si menyampaikan tujuan dari pelatihan tersebut yakni agar TKI Purna dapat menciptakan lapangan kerja sendiri maupun memiliki keterampilan yang bisa menduduki pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan.

Sehingga dengan adanya pelatihan ini peserta tidak memiliki fikiran untuk kembali lagi ke luar negeri, modal yang di miliki peserta dapat di kelola dengan baik melalui pelatihan tersebut. Pelatihan aneka kue di instrukturi oleh salon Endah Astuningtias dari Srengat yang menjabat sebagai ketua asosiasi Salon LPK Citra Jelita. Sedangkan Andika Eko menstrukturi pelatihan aneka kue. Tidak hanya mendapatkan pelatihan, peserta juga mendapatkan kaos, tas, ATK, bahan praktik aneka kue dan bahan praktik potong rambut.

“Tersediannya tenaga kerja terampil yang siap bekerja maupun siap bekerja secara mandiri. Bukan Cuma TKI purna aja tetapi juga masyarakat. Kemandirian yang kita harapkan, syukur-syukur bisa membuka lapangan kerja baru. Nanti juga dari disnaker mengadakan evaluasi , siapa yang mandiri jika terpaksa ikut orang setidaknya sudah memiliki keterampilan yang memadai.” Kata kepala Dinas Tenaga Kerja Kabuapten Blitar Haris Susanto,S.H.,M.Si (Ervin)

Tinggalkan Balasan