Disabilitas Kota Kediri Belajar Pencoblosan Pilwali Dan Pilgub Jatim

Kediri – Segala upaya dilakukan oleh KPU Kota Kediri untuk meningkat kan partisipasi Pemilih guna menekan angka Golput. Salah satu upaya tersebut adalah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tak terkecuali terhadap komunitas  penyandang disabilitas.

Bertempat di Balai Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri, sebanyak 150 penyandang disabilitas diantaranya  tuna daksa, tuna  graita, Tuna Netra dan Tuna Rungu mendapat pemahaman mengenai tata cara pencoblosan.

“Agar mereka mengerti dan paham betul materi yang diberikan, pihak KPU Kota Kediri mengganden ahli penerjamah. Selain penerjemah, juga didatangkan logistik kelengkapan Pemilu seperti halnya kotak suara, bilik suara dan contoh surat suara.” Kata Pusporini anggota komisioner divisi teknis KPU Kota kediri.

Para penyandang disabilitas yang mengikuti kegiatan sosialisasi saat ini sudah terakomodir di DPT. Pada saat kita cek ternyata sudah menerima surat pemberitahuan dari KPPS. Yang hadir disini, dipastikan semuanya sudah masuk DPT.

Meski begitu, ia tetap Menghimbau semisal jika ada rekan atau sanak keluarga mereka yang belum masuk DPT, belum menerima formulir C6 atau surat pemberitahuan. Mereka bisa langsung datang ke TPS dengan membawa E – KTP atau surat pengantar keterangan dari Dispenduk Capil.

Dirinya  berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, nantinya sebelum datang ke TPS untuk mencoblos, mereka  sudah lebih dulu mengerti mengenai peraturanya. (Beny)

 

 

Tinggalkan Balasan