Dinkes Tulungagung Periksa Pedagang Takjil

Tulungagung – Dinas Kesehatan Tulungagung mengintensifkan pemeriksaan terhadap makanan yang beredar di masyarakat. Dari puluhan sampel takjil, yang diambil secara acak, petugas menemukan produk pangan yang mengandung bahan kimia pewarna tekstil.

Selain memeriksa makanan, petugas juga membagikan masker dan sarung tangan pada pedagang, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit. Pemeriksaan mendadak dilakukan petugas Dinas Kesehatan Tulungagung, di sentra-sentra pedagang takjil di Kelurahan Jepun, Kelurahan Kepatihan, dan Desa Gendingan Kecamatan Kedungwaru.

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat, dari peredaran makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia berbahaya, dengan melakukan uji tes pada produk pangan yang dijajakan para pedagang takjil.

“Dari 34 sampel makanan yang diambil, setelah dilakukan uji tes,┬áditemukan 2 produk makanan yang positif mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan pewarna tekstil, rodamin B tersebut, ditemukan pada kerupuk dan sirup,” kata Masduki, Kasi Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Tulungagung. (bon/p7)

Tinggalkan Balasan