Dinkes Temukan Kotoran Tikus Berserakan Diantara Jajanan dan Bau Pesing Saat Lakukan Sidak Ke Pusat Oleh-oleh Tulungagung

Tulungagung – Jelang natal dan tahun baru 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung gencar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah toko dan swalayan. (10/12/2018). Ada dua pusat oleh oleh yang berlokasi di sekitar stasiun tulungagung menjadi sasaran sidak petugas.

Saat melakukan pemeriksaan , petugas menamukan makanan bungkusnya rusak akibat gigtan tikus serta tercecer kotoran tikus diantara bungkusan makanan yang dijual. Tidak hanya itu, bau pesing kotoran tikus juga sangat menyengat di  lokasi etalase jajanan.

“Kita temukan makanan yang bungkusnya rusak akibat gigitan tikus,” jelas Masduki Kasi Farmasi Dan Perbekalan Dinkes Tulungagung.

Imbuh Masduki,  temuan jajanan rusak serta tempat terkontaminasi hama tikus bukan kali pertama, meski sudah dilayangkan surat peringatan dari dinas kesehatan, namun pemilik toko oleh-oleh ini tidak melakukan tindakan pembasmian .

“Kita sudah lakukan teguran tapi tetap saja begitu tidak ada tindakan,” imbuhnya.

Jika tidak ada tindakan oleh pemilik toko, dinas Kesehatan Tulungagung mengancam toko yang masih diserang tikus akan direkomendasikan untuk ditutup.

Menjelang natal dan tahun baru,  dinas kesehatan kabupaten tulungagung akan terus gencar melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah toko dan swalayan di kabupaten tulungagung unuk memastikan makanan dan minuman yang di jual belikan aman untuk dikonsumsi. (Danu)

Tinggalkan Balasan