Dinkes dan TP PKK Kab. Blitar Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas)

Blitar – Dinas Kesehatan kabupaten Blitar bersama dengan Tim penggerak PKK kabupaten Blitar mengadakan pertemuan sosialisasi edukasi Gerakan Masyarakat (Germas) terhadap penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang benar, rabu (31/10/2018) di ruang PKK kabupaten Blitar.

Tampak hadir ketua Tim penggerak PKK kabupaten Blitar Ninik Catur, wakil ketua Dinas Kesehatan kabupaten Blitar Agus Suparnadi, SE.M.MKes, Perwakilan Dinas kesehatan seksi Alkes dan PKRT Sri Halami, SKM.M.MKes dan dua narasumber dari Pokja IV kecamatan. Tujuan adanya pertemuan sosialisasi ini adalah agar semua masyarakat cerdas dalam memilih Alkes dan PKRT periksa, baca, gunakan dan perhatikan.

Seksi Alkes dan PKRT Sri Halami, SKM.M.MKes mengatakan masyarakat harus cerdas dalam penggunaan Alkes dan PKRT, sehingga sebelum menggunakan alkes dan PKRT masyarakat harus membaca terlebih dahulu aturan pemakaian serta memperhatikan hal-hal yang tidak boleh digunakan atau kadaluwarsa dan memperhatikan nomor izin edar yang di keluarkan oleh dinas kesehatan.

“Banyak sekali alkes dan PKRT yang dijual bebas di pasaran, maka masyarakat harus cerdas sekali dalam membeli. Masyarakat harus tanya kepada petugas apa saja yang sekiranya harus diperhatikan saat membeli, contohya alat kesehatan seperti timbangan badan dan termometer serta dari PKRT seperti pembersih lantai, Tissue, sbun cuci, kasa dan popok bayi.” Tuturnya.

Sehingga hal itulah yang menjadi perhatian khusus dari Dinas kesehatan kabupaten Blitar. Agus Suparnadi, SE.M.MKes selaku narasumber yang menyampaikan mengenai kebijakan dalam mendorong penggunaan alkes dan PKRT yang baik menyampaikan masyarakat hendaknya melihat rekomendasi alkes dan PKRT yang di rekomendasikan oleh dinas kesehatan.

“Ini menjadi fokus kami, bahwa memang perlu adanya pendidikan untuk masyarakat awam bahwasanya setiap alkes dan PKRT tidak selalu aman dan terdaftar resmi dari dinas kesehatan.” Ungkapnya.

Hal itu senada dengan yang di sampaikan ketua Tim Penggerak PKK kabuaten Blitar Ninik Catur bahwa sosialisasi ke masyarakat sangat diperlukan jika berkenaan dengan kesehatan. Masyarakat agar mampu menggunakan alkes dan PKRT yang baik dan sesuai aturan.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan yang datang disini dapat menyampaikan informasi tersebut ke wilayah masing-masing. Jadi masyarakat agar segera tahu dan cerdas dalam memilih dan penggunaan alat kesehatan dan PKRT tersebut.” Pintanya. (Ervin)

Tinggalkan Balasan