Dinas Pendidikan Kota Blitar Larang Guru Berikan PR Kepada Siswa

Mohamad Sidik Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar.

Blitar – Dinas Pendidikan Kota Blitar mengeluarkan imbauan kepada seluruh guru untuk tidak memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada muridnya. Imbauan bertujuan agar siswa memiliki banyak waktu belajar pendidikan karakter di lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Dengan ditiadakannya pekerjaan rumah, diharapkan siswa bisa mendapat pelajaran dari lingkungan keluarga dan masyarakat,” jelas Mohamad Sidik Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar.

Tambah Sidik, imbauan Dinas Pendidikan Kota Blitar kepada seluruh guru untuk tidak memberikan pekerjaan rumah kepada siswa sudah dilakukan sejak tahun ajaran 2017 lalu. Namun untuk tahun ajaran baru ini imbauan kembali ditegaskan oleh pihak dinas.

“Kami meminta kepada guru untuk tidak mencamtumkan pekerjaan rumah dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun pada awal tahun ajaran baru,” tambahnya.

Dindik menilai selama ini banyak masyarakat yang menilai komponen pendidikan hanya sekolah saja. Padahal terdapat dua komponen lagi yaitu masyarakat dan keluarga yang juga berperan dalam membentuk karakter siswa.

“Semua proses pembelajaran di sekolah diharapkan tidak mengganggu interaksi siswa dengan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Meskipun imbauan ini tidak disertai dengan surat edaran namun pihak dinas berharap para guru bisa memahami tujuannya. (Moch.Asrofi)