Demo Tuntut Bupati Cabut Pemberian Izin Pendirian Pabrik Gula

Blitar – Degan mengendarai beberapa truk ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia, menggelar aksi unjuk-rasa di depan kantor Pemkab Blitar, menuntut bupati mencabut ijin lokasi untuk pembangunan pabrik gula PT. Olam Sumber Manis di Desa Kaulon Kecamatan Sutojayan.

Massa juga membawa berbagai poster tuntutan, meminta kajian ulang ijin pabrik tebu, stop konspirasi mafia hutan, hentikan tarik-menarik penetingan pemilik modal.

Koordinator aksi Triyanto mengatakan, pihaknya menuntut agar Bupati mencabut ijin pemberian ijin lokasi PG PT. Olam Suber Manis. Selain itu juga meminta kepada pihak terkait untuk menyelidiki penjual sebagian aset PT. Olam Sumber Manis. “Pemberian ijin lokasi oleh Bupati,  dinilai kontra produktif dengan semangat pemerintahan dalam membumikan Perhutanan Sosial di pulau Jawa” jelasnya.

Perwakilan massa dipersilahkan masuk ke dalam gedung Pemkab Blitar, untuk menyampaikan tunututanya, ditemui oleh tim koordinasi, dari Dinas Pertanian, Dinas PU, Dinas Penanaman Modal, dan BAPEDA.

Massa mengancam, jika dalam waktu dekat tidak ada tindakan nyata dari Pemkab Blitar, akan turun ke jelan dengan jumlah massa yang lebih besar. (Moch.Asrofi)