DAM Sumberagung Penuh Dengan Sampah dan Potongan Bambu, Disinyalir Ada Kesengajaan

Tulungagung, Jtvmataraman.com, Salah satu DAM yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan dipenuhi sampah dan sisa potangan bambu, yang disinyalir ada unsur kesengajaan. Kondisi itulah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

Kepala BPBD Tulungagung, Soeroto mengatakan, berdasarkan laporan dari warga Desa Sumberagung, diketahui bahwa terdapat tumpukan sampah dan bambu yang memenuhi DAM. Bahkan akibat sampah dan bambu yang menutup aliran sungai membuat salah satu tanggul terkikis dan membuat air meluap hingga ke pekarangan warga.

“Pondasi tanggulnya masih kuat, jadi hanya butuh karung diisi dengan tanah kemudian ditumpuk, untuk memperbaiki sementara waktu,” tuturnya.

Menurut Soeroto, sampah dan bambu dengan volume banyak tersebut merupakan kiriman dari perbukitan atas yang hanyut hingga ke DAM. Kejadian tersebut disinyalir ada unsur kesengajaan dengan membuat sampah dan sisa potongan bambu ke sungai.

“Apalagi banjir yang sering terjadi di Kecamatan Rejotangan disebabkan karena sampah di sungai serta lereng gunung yang sudah gundul dan hilangnya resapan air,” terangnya.

Soeroto menambahkan, akibat tingginya volume sampah dan potongan bambu di DAM tersebut, maka pembersihan tidak bisa dilakukan dengan kerja bakti.

“Kami harus datangkan alat berat bego untuk mengangkat tumpukan sampah tersebut. Kami targetkan hari ini (29/11) sudah selesai,” tambahnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Pasalnya, sampah yang dibuang ke sungai berpotensi terjadinya bajir yang tentu akan bedampak pada masyarakat. (ham)