Curi Sebatang Kayu Jati, Seorang Pria Terancam 5 Tahun Penjara

Tulungagung – Kasus pencurian kayu jati, di lahan perhutani terjadi di wilayah kabupaten Tulungagung, tepatnya di kawasan hutan petak 45 L, masuk desa Manding kecamatan Pucanglaban.

Dalam kasus pencurian ini, seorang tersangka berhasil di amankan petugas, atas nama jaseni warga desa Kaligentongtong kecamatan Pucanglaban.

Penangkapan pencurian kayu jati milik perhutani ini bermula, pada hari selasa malam, 6 maret 2018, sejumlah petugas perhutani yang di pimpin oleh Gunawan Setyono, melakukan patroli di wilayah hutan, saat itu terdengar ada suara orang menebang pohon, kemudian petugas mendatangi lokasi dan melihat dua orang telah melakukan penebangan pohon kayu kaji, petugas lalu berupaya menangkap keduanya, namun salah satu pelaku berhasil melarikan diri, sementara seorang pelaku lain atas nama jaseni berhasil di amankan petugas perhutani, pelaku kemudian di serahkan ke pihak kepilisian, beserta barang bukti, sebatang kayu jati dan kapak yang di gunakan untuk menebang kayu.

Kasubag humas polres Tulungagung iptu Sumaji, membenarkan adanya penangkapan pencurian kayu jati tersebut.
” iya benar, ada penangkapan pencurian kayu jati milik perhutani, dan kini sedang di proses hukum” kata iptu Sumaji.

Atas perbuatanya tersangka di jerat dengan pasal 82 ayat 1 huruf b junto pasal 12 huruf b dan atau pasal 83( 1) huruf a, junto pasal 12 huruf d UU Ri, no 18 tahun 2013 tentang pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (Bondan)

Tinggalkan Balasan