Cita Rasa Durian Bido Khas Wonosalam

Jombang – Musim panen raya kebun durian di Jombang mulai diserbu warga, mereka berburu  durian jenis bido yang paling diminati penggemar buah durian. Sebab durian khas Wonosalam mimilik sensasi rasa khas dan dagingnya tebal, meskipun harganya paling mahal.

Meskipun durian bido menjadi andalan petani wilayah wonosalam, namun pohon durian bido tidak cukup banyak.

Sesuai dengan permintaan pembeli, durian langsung dipetik dari pohonnya untuk memastikan bukan jenis lain. Pemetik durianpun berhati-hati memilih durian yang telah benar-benar masak. Dipilihlah durian yang tangkainya telah terlepas dari rantingnya, sehingga rasa khas durian bido bisa muncul.

“Durian yang sudah lepas dari dahannya di jamin sudah masak, rasa khas yang di hasilkan dari durian masak ini bisa di jamin nikmat” jelas Sampiyo petani durian.

Saat ini petani di Wonosalam sedang panen raya, setiap pohon bisa menghasilkan ratusan buah jika pohonnya besar.

Para penggemar duriaan jika baru dipetik langsung memiliki rasa khas, setelah dipilih pembeli juga langsung bisa menikmati aneka durian wonosalam, mulai dari duren rasa pahit, manis, pahit manis dan yang paling khas duruian jenis bido. “Meskipun harganya lebih mahal dibanding durian jenis lain, tapi saya pilih jenis bido” ujar Mustain penggemar durian.

Harga durian jenis bido bervariasi, mulai dari Rp. 40 ribu hingga Rp 90 ribu perbuah. Lebih mahal dari duria jenis lain. (Saiful)

Tinggalkan Balasan