Ciptakan Suasana Lebaran Yang Kondusif, Polres Trenggalek Amankan 48 Balon Udara

Trenggalek – Polres Trenggalek gelar released hasil operasi balon udara di polsek jajaran. Telah diamankan kurang lebih 38 buah balon udara dg berbagai ukuran. Menurut kapolres Trenggalek, AKBP Didit BWS, bahwa ini hasil sosialisasi preventif dr polres dan polsek jajaran.

“Hasil dari sosialisasi tentang bahaya balon udara yg dipimpin Pak Kabagops, Kasat Sabhara dan seluruh Kapolsek kemarin adalah 48 buah balon udara” Jelasnya.

Sosialisasi itu dilakukan karena bahaya yang diakibatkan oleh balon udara sangat banyak. Masih menurut Kapolres, beberapa kejadian kebakaran dan meledaknya gardu listrik banyak dipicu oleh balon udara. “Seperti kebakaran dihutan jaaz beberapa waktu lalu dan meledaknya gardu PLN di daerah Pacitan juga akibat balon udara”,tegas Kapolres.

Selain, memang ada undang-undang yang melarang terkait penerbangan balon udara tersebut. “Payung hukum yang menjadi dasar pelarangan penerbangan balon udara adalah Undang-undang RI Nomor 1 tahun 2009,pasal 211 tentang penerbangan. Disitu tegas ada sangsi pidana 3 tahun kurungan dan denda 1 milyar rupiah”, pungkas Kapolres ramah yang asli kelahiran Surabaya tersebut. (Heru/Karyanto)

Tinggalkan Balasan