Cegah Wabah Virus Covid – 19, Petugas Semprot Ponpes Al – Falah Ploso Kediri

Kediri – Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona atau covid-19 Kabupaten Kediri, melakukan upaya pencegah dengan menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum dan tempat berkumpul warga.

Kali ini penyemprotan cairan anti kuman penyakit dilakukan di lingkungan Pondok Pesantren Al-Falah Ploso. Dalam  kegiatan tersebut, petugas juga melakukan simulasi cara mencuci tangan yang benar kepada para santri.

Mohammad Saifudin Zuhri, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kediri, mengungkapkan, lingkungan pesantren menjadi perhatian khusus  karena menjadi tempat singgah warga dari luar daerah. 

“Sebagai pelaksanan harian gugus tugas penanganan corona, BPBD akan melakukan penyemprotan yang sama pada fasilitas umum, instansi pelayanan  masyarakat dan tempat-tempat ibadah,” jelas Mohammad Saifudin Zuhri.

Sementara itu , Bustamin Imron, pengurus pesantren menjelaskan, telah melakukan pembatasan interaksi dengan pihak luar dengan cara penutupan terhadap tamu.

“Agar terhindar dari wabah corona,  pesantren juga memberikan tambahan materi olahraga pagi dan doa-doa dalam istighosah setiap harinya,” jelas Bustamin Imron.

Al Falah merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Kediri, setelah Lirboyo. Saat ini jumlah santri ponpes di kawasan pinggiran Kabupaten Kediri, tepatnya di Desa Ploso, Kecamatan Mojo,  telah mencapai 9 ribu orang.  Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air.

Di Kabupaten Kediri, hingga kini belum ditemukan kasus positif corona. Namun demikian, 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sempat menjalani perawatan di rumah sakit rujukan RSUD Kabupaten Kediri yang  ada di Pare. Ketiga-tiganya telah dinyatakan negatif covid-19, dan kini masih tetap dalam  proses pemantauan. (Rofi)

Tinggalkan Balasan