Cegah Penyebaran Covid 19 Pemkab Jombang Bangun Pasar Online

Jombang – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mendatangi pasar tradisional yang ada di Citra Niaga Jombang. Sambil membagikan masker, bupati meminta warga dan pedagang untuk mengurangi kerumunan dan menjaga jarak dalam setiap transaksi yang berpotensi menjadi penyebaran virus covid 19.

Pemerintah sudah menyediakan nomer pedagang di pasar seluruh Kabupaten Jombang untuk bisa di lakukan transaksi secara online. Bagi pembeli yang ingin berbelanja tidak perlu datang ke pasar, tinggal menghubungi dan bertransaksi. Barang kebutuhan bisa sampai di rumah. Langkah ini diambil untuk mendukung kebijakan social distancing yang sejang dijalan oleh pemerintah.

“Dari hasil pantauannya kondisi pasar masih ramai meskipun jumlah penjual dan pembeli telah berkurang sekitar 40 persen di banding sebelum pandemi corona. Pembeli dan penjual masih berjubel tanpa menjaga jarak satu dengan lainnya. Sehingga berpotensi menjadi media penyebaran virus corona,” kata Hj Mundjidah Wahab.

Agar tidak terjadi kerumunan, pemkab telah membuat program belanja online. Pedagang di sejumlah pasar tradisional telah didata dan dikelompokkan. Selain nama dan alamat serta tempat berjualan, nomor telepon pedagang juga di data.

Dalam kunjungannya ke sejumlah pasar cucu pendiri organisasi Nahdlatul Ulama ini tidak bosan mengingatkan warga untuk selalu  pakai masker, menjaga kebersihan dan cuci tangan usai melakukan segala aktifitas. Langkah ini dipercaya bisa mencegah penyebaran  virus corona. (ful/p7)

Tinggalkan Balasan