Cegah Klaster Covid – 19 , Petugas Pasar Ludoyo Gencar Sosialisasi Kepada Pedagang Dan Pengunjung

Petugas Pasar Ludoyo Gencar Sosialisasi dan Memberikan Masker Kepada Para Pedagang Dan Pengunjung Pasar

Blitar,JTV Mataraman: Pasar bisa saja menjadi penyebab penularan virus corona ( COVID-19) karena kurangnya patuh protokol kesehatan dan pemahaman masyarakat tentang virus yang membahayakan itu. Hal ini terjadi juga akibat pedagang yang abai dalam menggunakan masker, ditambah kondisi pasar yang padar dan sirkulasi udara yang kurang.

Untuk menghindari terjadinya klaster baru yang terjadi di pasar. Petugas Pasar Trasional Ludoyo Kecamatan Sutojayan  Kabupaten Blitar meningkatkan  sosialisasi  untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19  rajin menggelar sosilaisasi kepada pedagang dan pengunjung pasar.

“ Semua petugas pasar kami kerahkan setiap hari untuk keliling sosialisasi , selain juga melalui pengeras suara untuk  mengingatkan kepada pedagang dan pengunjung agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan.” Kata Ribut Rochimin, kepala pasar Ludoyo, kamis (01/04/2021). Lanjut Ribut , Selain diwajibkan mencuci tangan saat masuk pasar , sosilisasi dilakukan dengan cara keliling pasar minimal sehari sekali dilakukan. “Kita berharap dengan selalu mengingatkan seperti ini pedagang dan pengunjung pasar bisa  tertib dan patuh untuk selalu menjaga kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan”.Ujarnya.

Sementara itu Lilik  seorang pedagang  , menyambut postif upaya pencegahan dilakukan oleh , dengan rajin petugas pasar melakukan  sosialisasi , masayarakat akan semakin ta’at protokol kesehatan.

Hal senada juga disampikan Wahyu Pratama, bahwa dengan selaklu diingatkan oleh petugas pasar , para pedagang dan pengunjung akan semakin sadar untuk tertib , ta’at mematuhi protokol kesehatan.

  ” Saya senang cara dilakukan petugas pasar seperti ini, agar masyarakat lebih berhati – hati dan ta’at protokol kesehatan. Karena pasar tempat bertemunya orang banyak supaya tidak terjadi klaster pasar. Perekonomian tetap jalan dan masyarakat aman.” Ucap Wahyu Pratama

Upaya mencegah terjadinya klaster pasar , pihak petugas pasar Ludoyo juga sering mnggelar operasi bersama Muspika serta Tim operasi gabungan dari pemkab Blitar. Selain tim gabungan dari pemerintah daerah sendiri  juga sering melakukan operasi yustisi selain sosialisasi, pembinaan serta edukasi kepada pada pedagang serta pengunjung pasar lainnya terkait protokol kesehatan.(As)

Tinggalkan Balasan