Cegah  Kasus Anak berhadapan hukum  Dinas PPKBP3A Gelar Sosialisasi

Blitar – Ratusan Peserta dari siswa siswi SMP Neg leri di Kabupaten Blitat mengikuti sosialisasi penanganan anak berhadapan pada hukum yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( PPKBP3A) Kabupaten Blitar, Rabu ( 28/2/2018).

Tujuan sosialisasi dan pencegahan tersebut agar anak bisa mengerti dan memahami prilaku anak agar anak tidak melanggar hukum.

Sosialusasi dan penvegahan ini di laksanakan di sejumlah sekolah SMP dan SMA sederajat di kabupaten Blitar yang masing masing sekolah dengan jumlah 80 peserta.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas PPKB P3A Kabupaten Blitar Sri Suharti mengatakan penanganan anak yang berhadapan dengan hukum perlu kerjasama lintas sektoral serta komitmen stage holder di wilayah Kabupaten Blitar. Diakui selama ini penanganan anak berhadapan hukum masih memiliki jangkauan yang terbatas.

“ Kita perlu melakukan upaya dalam memberikan perlindungan kepada anak yang sedang berhadapan dengan hukum, bagaimanapun anak memiliki hak yang sama “,katanya, Rabu ( 28/2/2018)

Dia menjelaskan berdasarkan data sampai akhir desember 2017 , setidaknya ada 19 anak yang harus mendapatkan perlidungan dan berhadapan pada hukum. Diharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membantu memberikan perlindungan anak sehingga sedapat mungkin jumlah anak yang berhadapan dengan hukum dapat di tekan.

“ Dengan sosialisasi ini diharapkan akan tercipta lingkungan yang kondusif sehingga hak anak dapat dinikmati seutuhnya tanpa tersandung permasalahan hukum”,jelasnya. ( Moch.Asrofi)

Tinggalkan Balasan