Cegah Kanker Serviks Dan Payudara Dharma Wanita Diknas Kabupaten Blitar Ajak Prilaku Hidup Sehat

Blitar – Ratusan anggota Dharma Wanita dinas pendidikan kabupaten Blitar memenuhi gedung dinas pendidikan lantai dua, selasa (2/10/2018). Kegiatan tersebut merupakan pertemuan ketiga yang membawa tema kesehatan wanita, dimana sebagai pemateri Syarifa Zahra, S.Pd.,M.Pd dari laboratorium Klinik Prodia.

Pertemuan ini dihadiri oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Blitar Drs. Budi Kusumarjoko, M.Pd, diikuti oleh seluruh unsur dinas pendidikan kabupaten Blitar, Pengawas TK SD dan SMP serta seluruh pengajar TK, SD dan SMP di kabupaten Blitar.

Lewat pertemuan ini anggota berkesempatan untuk bertemu dalam silaturahim anggota sekaligus mendapatkan ilmu tentang kesehatan wanita seperti pengetahuan kanker payudaradandan kanker serviks.

Dalam kegiatan tersebut juga ada hadiah untuk anggota yang datang paling awal dalam pertemuan tersebut serta hadiah untuk anggota yang bertanya kepada pemateri.

Ayu Budi Kusumarjoko ketua Dharma Wanita sekaligus istri dari kepala dinas Pendidikan mengatakan kegiatan pertemuan rutin ini dilaksanakan tiga bulan sekali dengan berbeda tema. Ketiga kalinya ini bersamaan dengan hari batik nasional diisi tentang wanita sehat secara badan dan rohani.

“Kegiatan tidak hanya pertemuan rutin, tapi juga ada kegitan lain seperti 15 pelatihan gratis yang dapat diikuti seluruh anggota dharma wanita seperti pelatihan menjahit pakaian, ada juga berbagi takjil, Kunjungan di panti, sosialisasi, peduli bencana di lombok dan hari ini dharma wanita menggalang dana untuk korban bencana gempa tsunami di Donggala dan Palu Sulawesi Tengah”. Tambahnya.

Dharma wanita dengan Dinas Pendidikan akan bergabung menggalang dana selama 2 minggu yang nantinya dikirim ke pemerintah daerah bekerjasama dengan BPBD dan dinas sosial. Bantuan ini meliputi uang, pakaian layak dan selimut untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Harapan untuk pertemuan ini dapat memetik pengetahuan mengenai kesehatan wanita yang disampaikan pemateri tadi, wanita yang ada di garis depan dalam hal pertahanan keluarga, selain itu saling mengenal bersilaturahmi sesama anggota. Tujuan pendidikan bisa tercapai apabila kita bisa terus bersama-sama bersinergi antara orang tua, siswa dan guru. Harapan untuk bencana di Sulawesi Tengah, semoga bisa bangit kembali.

Kita bisa mengambil hikmah dari semua cobaan baik yang menjadi korban yang dibantu maupun yang membantu, kita bisa bersama-sama dan bersatu bangkit dari ujian ini. Kata ketua Dharma Wanita dinas pendidikan kabupaten Blitar Ayu Budi Kusumarjoko. (Ervin).

Tinggalkan Balasan