Cegah Corrona, Pemdes Pakisrejo Gelar Lomba
Kedisiplinan Protokol Kesehatan Covid -19

Blitar,JTV Mataraman.com : Untuk mengajak warga ta’at menerapkan protokol kesehatan Pemerintah Desa Pakisrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar menggelar lomba Gotong royong mendisiplinkan Protokol Kesehatan Covid -19 antar Rukun Tetangga ( RT), Selasa(25/08/2020).

Lomba ini diikuti semua 16 Rukun Tetangga (RT) di 4 Rukun Warga (RW) dengan tujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat akan kecintaan terhadap bangsa dan negara juga menanamkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa selain untuk menanamkan hidup gotong royong percaya diri bisa melawan Covid-19.

“Ini sebagai sarana untuk menguji konsistensi masyarakat dalam menjalankan protocol kesehatan Covid-19 dengan baik.” Kata Marsono,Kades Pakisrejo kepada JTV Mataraman.com

Lanjut Marsono , ada beberapa kriteria penilaian diantaranya kebersihan , keindahan , kokompakan. Ia mencontohkan, kedisiplinan pemakaian masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Selain itu, tim juri juga menilai penataan lingkungan , pos kampling serta pernak pernik keindahan lampu hias.” Harapan kami lomba ini bisa memotivasi dan mengedukasi warga pentingnya menjaga kebersihan agar tercipta masyarakat yang sehat tentunya selain indah.” Tuturnya.

Marsono menekankan dalam menghadapi Covid-19 harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh, gotong royong dan kerjasama pemerintah desa dan masyarakat harus terjalin dengan baik. Dirinya meminta masyarakat tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun, harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Hal itu semata-mata agar masyarakat terbebas dari virus corona. “Membebaskan dari sebaran covid-19 bagian dari perjuangan memerdekan bangsa dari acaman krisis. Sebab, dampak pandemi covid-19, tidak hanya menimpa sektor kesehatan fisik, berdampak mental dan kejiwaan warga, bahkan menekan pertumbuhan sektor ekonomi, yang bisa memengaruhi kehidupan,” Ungkapnya
Pantauan JTV Mataraman.com , Desa Pakisrejo nampak berbeda semenjak sepekan terakhir terlihat bersih indah tak ada sampah maupun kotoran yang ada ditepi jalan. Umbul – umbul dan lampu – lampu hias mewarnai sepanjang jalan desa memeriahkan HUT RI Ke – 75.
Darwoko Sekretaris Kecamatan Srengat menilai positif kegiatan lomba desa bertema gotong royong mendisiplinkan protokol kesehatan covid -19.” Baik sekali ini bisa ditiru desa desa lain harapannya disiplin protokol kesehatan sudah menjadi kebiasaan budaya baru di era new normal hingga pandemi covid-19 usai”. Ujarnya.(Asf)

Tinggalkan Balasan