Cegah Corona , RT dan Takmir Gandeng Polisi Lakukan Disinfektan Mandiri


Blitar – Tak ingin warganya terpapar virus corona, di lingkungan masjid Baiturrohim RT.02 RW.02 Kauman Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar melakukan desinfektan sendiri untuk semua rumah warganya yang diprakarsai oleh Ketua RT, Takmir Masjid dan Polisi.

Bahkan mereka telah melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga melalui pintu ke pintu agar warga menjaga kebersihan dilingkungan kekuarga masing masing dan cuci tangan dengan sabun air mengalir.

Edi Suwanto Ketua RT 02 Kauman di tengah-tengah kegiatan penyemprotan disinfektan, Rabu (25/3/2020) mengatakan bahwa tujuan dilakukan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan meluasnya virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) yang dimungkinkan ada di lingkungan RT.02 RW 02 Kelurahan Kauman ini.


Pihaknya mengaku bahan disinfektan diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga desinfektan di pasaran sudah cukup tinggi. meski demikian dalam pembuatannya dilakukan dengan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volumenya.l

Sementara itu Ipda Supomo yang merupakan Binmas Polres Blitar Kota yang juga tokoh masyarakat Kauman
juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan wabah virus C-19. ” Kita harus berjuang berikhtiar menghindari wabah Corona dengan berperilaku hidup bersih dan sehat”. Katanya.

Lanjut Supomo diantara perilaku hidup bersih dan sehat bisa dilakukan dengan cara rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya 2 kali sehari, berolah raga, makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta minum air yang secukupnya dan jangan lupa jangan banyak begadang, nongkrong atau keluar rumah terkecuali urgent membeli kebutuhan rumah tangga dan langsung segera pulang ke rumah “Tuturnya.

Hal senada juga di tekankan oleh pengurus masjid dan TPQ, Madin Baiturrohim ustadz Hasyim Asy’ari dalam menyikapi situasi krisis akibat Covid-19 seperti saat ini, TPQ dan Madin juga diliburkan dan meminta orang tua santri serta kususnya lingkungan RT.02 tidak usah panik harus selalu berpikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya menjadi sehat, sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah.

Dengan daya tahan tubuh yang terjaga baik, maka dengan sendirinya tubuh tidak mudah terkena penyakit, selain juga memperbanyak ibadah mendekatkan diri kepada Allah SWT meminta agar di hindarkan dari wabah Corona.” Pintanya.( Asf).

Tinggalkan Balasan